A. Pengertian Operator Permainan
Kembali membahas Jobdesk, kiprah dan tanggung jawab operator, kali ini yang akan dibahas ialah Operator Permainan yang biasanya bekerja di Game Area menyerupai Time Zone, Funworld, atau bahkan yang kelas besar menyerupai Dunia Fantasi atau Trans Studio. Sebelum membahas kiprah dan tanggung jawab operator permainan ini kembali perlu diingatkan bahwa kata operator itu sendiri berasal dari bahasa inggris, operate, yang artinya mengoperasikan, dilihat dari dasar katanya ini maka operator bisa diartikan seseorang atau sekumpulan orang yang mengoperasikan suatu alat kerja. Dalam hal ini operator permainan bisa diartikan seorang atau sekumpulan orang yang mengoperasikan alat alat dan mesin mesin permainan yang biasa ada di arena permainan. Untuk kiprah dan tanggung jawabnya, mari kita lanjut ke paragraf selanjutnya di bawah ini.
B. Tugas Operator Permainan
Dalam kesehariannya seorang operator permainan bertugas untuk ;
1. Menyalakan mesin permainan di awal kerja
Jam kerja seorang operator permainan biasanya berada di satu jam sebelum arena bermain dibuka untuk umum. Makara bila arena bermain dibuka mulai pukul 8, biasanya seorang operator permainan harus sudah mulai masuk maksimal pada pukul 7. Hal ini dikarenakan terkadang ada beberapa mesin yang harus dipanaskan terlebih dahulu. Makara pada dikala pelanggan tiba untuk mencoba mesin atau alat permainan tersebut, mesin sudah siap dioperasikan dan pelanggan tidak perlu menunggu lagi. Mesin mesin atau alat permainan yang harus dipanaskan terlebih dahulu menyerupai ini biasanya ialah mesin mesin atau alat permainan berukuran besar atau membutuhkan energi listrik yang besar menyerupai halilintar, tornado, komidi putar, dan lain lain.
2. Menyalakan mesin atau alat permainan bagi pelanggan
Untuk mesin atau alat permainan yang tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu menyerupai kuda kudaan atau kendaraan beroda empat mobilan kecil, operator permainan bertugas untuk membantu menyalakan alat permainan tersebut alasannya ialah biasanya pelanggan atau klien yang memakai alat alat tersebut ialah anak kecil. Biasanya media untuk menyalakan alat alat tersebut berupa koin atau kartu anggota yang bisa di isi ulang saldonya.
3. Mengecek aspek keamanan dan kenyamanan alat alat permainan
Setelah mesin atau alat bermain dinyalakan, seorang operator permainan harus melaksanakan pengecekan terhadap aspek keamanan bagi pelanggan menyerupai sabuk, helm, sarung tangan, pelampung, dan lain lain dengan jenis dan bentuk permainan yang berbeda beda. Dari segi kenyamanan, pastinya yang perlu diperhatikan ialah aspek pendukung lainnya menyerupai kondisi alat dan kebersihannya.
4. Melakukan pengecekan secara terencana terhadap alat alat tersebut
Terhadap alat alat permainan yang sudah ada, operator permainan juga bertugas melaksanakan perawatan yang diikuti dengan pengecekan secara terencana terhadap alat alat permainan yang sudah ada. Perawatan dan pengecekan secara terencana ini bertujuan untuk menghindari dan meminimalisir kesalahan alat yang menyebabkan kecelakaan yang dialami oleh pengunjung.
5. Memberikan pengarahan kepada pengunjung
Kepada pengunjung gres yang belum mengetahui tata cara dan persyaratan terkait penggunaan alat permainan, operator permainan bertugas untuk memperlihatkan pengarahan.
6. Menjaga kebersihan lingkungan kerja
Demi kenyamanan pelanggan, sudah sepatutnya operator permainan menjaga kebersihan lingkungan kerja dan memperlihatkan teguran secara moral terhadap pelanggan yang justru sebaliknya (tidak menjaga kebersihan).
7. Membuat laporan
Terkait kiprah tugas yang telah dilakukan, kiprah terakhir dari seorang operator permainan ialah menciptakan laporan yang akan dipertanggungjawabkan terhadap atasannya nanti. Dari laporan ini juga sanggup dilihat pencapaian dari kinerja operator tersebut selama batas waktu tenggang yang ditentukan olah perusahaan.
C. Tanggung Jawab Operator Permainan
Dalam melaksanakan kinerjanya, seorang operator permainan bertanggung jawab untuk
1. Memastikan kepuasan pengunjung dengan pelayanan yang prima
2. Memastikan kenyamanan pengunjung dengan menjaga dan memelihara peralatan kerja.
3. Memastikan kebersihan lingkungan kerja.
4. Memastikan sasaran yang ditentukan perusahaan terpenuhi dengan baik.
5. Memastikan laporan kerja terselesaikan dan diterima oleh atasan sebagai materi review.
6. Menjaga nama baik perusahaan.
D. Kualifikasi Operator Permainan
Untuk menjadi seorang operator permainan, biasanya diharapkan seorang kandidat dengan pengalaman minimal 0-1 tahun, artinya seorang fresh graduate pun sah sah saja untuk mengisi posisi ini alasannya ialah tingkat kesulitan kerja yang tidak begitu tinggi. Dari segi pendidikan, ijazah minimal untuk mengisi posisi ini biasanya Sekolah Menengan Atas sederajat.
E. Keahlian Khusus
Dari segi keahlian khusus, yang lebih diharapkan untuk mengisi posisi ini lebih cenderung ke sikap. Karakter yang ramah, supel, bisa mengikuti keadaan dengan pengunjung adala poin perilaku utama untuk mengusi posisi ini. Hal pendukung lainnya biasanya ialah mempunyai penampilan yang menarik, dan bersedia bekerja dengan sasaran dengan kondisi dibawah tekanan.
Berikut itulah jobdesk, kiprah dan tanggung jawab operator permainan yang bisa dipaparkan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan dishare, kalau terdapat kesalahan atau kekurangan silakan ditambahkan di kolom komentar.
Salam
Post a Comment
Post a Comment