Latest Post

Account Assistant Account Officer Account Payable Account Receivable Accounting Accounting Case Study Accounting Certification Accounting Contest Accounting For Manager Accounting Manager Accounting Software Acquisition Admin Administrasi administrative assistant Administrator Advance accounting Aktiva Tetap Akuisisi Akun Akuntan Privat Akuntan Publik AKUNTAN. Akuntansi Akuntansi Biaya Akuntansi Dasar Akuntansi Management Akuntansi Manajemen Dan Biaya Akuntansi Pajak Akuntansi Perusahaan Dagang Akuntansi Perusahaan Jasa Akuntansi Syariah Akuntansi Translasi Akunting Analisis Transaksi Announcement Aplikasi Akuntansi archiving ARTICLES ARTIKEL Asumsi dasar Akuntansi Asuransi Aturan Pencatatan Akuntansi Audit Audit Kinerja Auditing Balance sheet Bank Basic Accounting Bea Cukai Bea Masuk Bidang Akuntansi Bukti Transaksi Buku Besar Calculator Capital Cara Pencatatan Akuntansi Career Cash Cash Flow Cat Certification Checker Checker Gudang COGS Collection Contest Corporate Social Responsibility (CSR) Cost Cost Analysis CPA CPA EXAM Credit Credit Policy Current Asset Custom Custom Clearence Dasar Akuntansi Data Debit Kredit Discount Diskon Distributor Dyeing Ekspor Engineering Etika Profesi & Tata Kelola Korporat Example Expense Export - Import FASB Finance FINANCIAL Financial Advisor Financial Control Finansial Foreign Exchange Rate Form FRAUD Free Download Freebies Fungsi Akuntansi GAAP GAJI Garansi Gift Goodwill Gudang Harga Pokok Penjualan Hotel HPP HRD IFRS Impor Import Import Duty Informasi Akuntansi International Accounting Investasi IT Jasa Jasa Konstruksi Job Vacant JUDUL SKRIPSI AKUNTANSI TERBARU Jurnal Khusus Jurnal Pembalik Jurnal Pembalik Dagang Jurnal Penutup Jurnal Penutup Dagang Jurnal Penyesuaian Jurnal Umum Kas Kas Bank Kas Kecil Kasus Akuntansi Kasus Legal Kasus Pajak Kepala Rekrutment Kertas Kerja Keuangan Knitting Komentar Komputer Konsolidasi Konstruksi Konsultan Laba-Rugi Laboratorium Lain-lain lainnya LANDING COST Laporan akuntansi Laporan Arus Kas Laporan Keuangan Laporan Keuangan Dagang Laporan Keuangan Jasa Laporan Laba Rugi Laporan Perubahan Modal laporan Rugi Laba Layanan Konsumen Lean Accounting Lean Concept Lean Manufacturing Legal Logistik Lowongan Kerja Accounting MA Accounting Macam Transaksi Dagang Management Management Accounting Manager Manajemen Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan Manajemen Stratejik Manajer Manajer Administrasi Manfaat Akuntansi Manufaktur Marketing Matching Color Mekanisme Debit Mekanisme Kredit Mencatat Transaksi Merger metode fifo dan lifo Mid Level Miscellaneous Modal Neraca Neraca Lajur Neraca Saldo Neraca Saldo Setelah Penutupan Nerasa Saldo Office Operator Operator Produksi Paint PAJAK pajak pusat.pajak daerah(provinsi dan kabupaten) payroll Pelaporan Korporate Pemasaran Pembelian Pemberitahuan Pemindahbukuan Jurnal Pencatatan Perusahaan Dagang Pendapatan Pengakuan Pendapatan Pengarsipan Pengendalian Pengendalian Keuangan Pengertian Akuntansi PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN pengertian pajak PENGERTIAN PSAK PENGGELAPAN Pengguna Akuntansi Pengkodean Akun Penjualan Perbankan Perlakuan akuntansi Perpajakan Persamaan Dasar Akun Petty Cash Piutang Posting Buku Besar PPH PASAL 21 PPh Pasal 22 PPh Pasal 26 PPn PPn Import Prefesi Akuntansi Prinsip Akuntansi PRINSIP DASAR AKUNTANSI Produksi Profesi Akuntansi Professi Akuntan Profit-Lost Proses Akuntansi Proyek PSAK PSAK TERBARU PURCHASE Purchasing QA QC Quality Assurance Quality Control Quiz Rabat Rajut rangkuman Rebate Recruitment Recruitment Head Rekrutment Retail Retur Return Revenue Review Saldo Normal Sales Sales Representative Sejarah Akuntansi SERIE ARTIKEL Sertifikasi Shareholder Shipping Agent Shipping Charge siklus akuntansi Silus Akuntansi Dagang Sistem sistem akuntansi Sistem Informasi Sistem Informasi & Pengendalian Internal Soal dan Jawaban CPA SPI Spreadsheet Accounting Spreadsheet Gratis Staff Struktur Dasar Akuntansi Supervisor system pengendalian system pengendalian gaji Tax Taxation Teknik Tekstil Template Teori-teori Akuntansi Tinta Tip n Tricks TIPS AND TRICKS Tools Top Level Transaksi Keuangan Tutup Buku Ujian CPA UPAH update situs USAP Utilities Video Tutor Warehouse Warna warranty What Is New

 Itulah topic yang akan dibahas di posting ini ANALISA KWALITAS PENJUALANAnalisa Kwalitas Penjualan (sales quality analysis) penting untuk dilakukan. Mengapa? Bagaimana melaksanakan analisanya? Itulah topic yang akan dibahas di posting ini.

Saat penutupan buku, sering bab penjualan menanyakan ke accounting: “berapa penjualan kita bulan ini?Obviously mereka ingin tahu berapa besarnya penjualan, dan string (maksud lain) di balik pertanyaan ini mampu bermacam-macam:

[1]. Berapa komisi saya bulan ini (mungkin ini paling penting)
[2]. Berapa incentive saya bulan ini (jika mendapatkan gaji+incentive)

Untuk pertanyaan ini, tentu jawabannya sangat mudah, bukan? Sekali lagi, obviously yang ditanyakan ialah berapa total penjualan bulan ini. Dan jawabannya, anda tinggal melihat buku besar penjualan, atau melihat rekening penjualan (sales) di income statement.

 Itulah topic yang akan dibahas di posting ini ANALISA KWALITAS PENJUALANBiasanya si penanya akan lebih puas bila anda mau sedikit membuka spreadsheet, lalu menghitung:

Misalnya:

Penjualan = Rp 100,000,000
Comission = 5% x 100,000,000 = 5,000,000

Lalu dengan cepat anda menawarkan tanggapan :
”Penjualan total = Rp 100,000,000 dan komisi anda Rp 5,000,000 (potong pajak)”

Jika angka komisinya lumayan besar, tentu si penanya akan tersenyum puas, tetapi bila angka komisinya relatif kecil, mungkin si penanya akan bertanya lebih jauh lagi: ”koq kecil ya?, memangnya bagaimana hitung-hitungannya?, boleh tidak saya dapat printout penjualan?” dan lain sebagainya. Penghitungan komisi yang begitu sederhana menjadi sangat rumit baginya, hingga perlu menanyakan ”bagaimana hitung-hitungannya?” :-)

Tentunya situasi tersebut sudah biasa kita hadapi di accounting.


Sales Quality Analysis

Ilustrasi di atas, ialah schema sederhana, dan yang bertanya ialah sales.

Bagaimana bila yang bertanya ialah Pak Direktur Utama?

Ehem..ehem! (berusaha mengatur tekanan bunyi biar seolah-olah direktur) ”Bagimana penjualan kita bulan ini?”.

Pertanyaan pak dirut ini hampir sama dengan pertanyaan dari bab sales, nyaris sama. Tetapi bila anda jeli, pertanyaan ini susungguhnya sangat berbeda.

Apakah anda akan menawarkan tanggapan yang sama (total penjualan + komisi)? Atau total penjualan saja?

Jika posisi anda masih clerk atau maksimal bookkeeper, mungkin tanggapan sederhana (total penjualan lawan komisi saja) mampu dimaklumi. Tetapi bila posisi anda lebih tinggi dari itu dan anda menawarkan tanggapan yang sama, percayalah mungkin hingga dua tahun lagi, career anda akan tetap di posisi yang sekarang.

Lalu tanggapan apa tolong-menolong yang diperlukan oleh seorang administrator utama, perihal sales?.

Pertanyaannya lumayan terang ”Bagaimana penjulan kita bulan ini?”, diawali dengan kata bagaimana (how?) bukan ”berapa”. So jawabannya terang bukan total penjualan, melainkan ”good/okay/worst.

Itu saja? tentu tidak, seharusnya diikuti dengan alasan mengapa good, mengapa okay, mengapa worst. Atau lebih tepatnya lagi: how good it is or how worst it is.

Tidak hanya sekedar total penjualan yang ingin diketahui, tetapi yang jauh lebih penting dari sekedar angka (saldo) pada rekening, yaitu : Sales Quality (kwalitas penjualan).

Bagaimana mengukur suatu penjualan apakah itu cantik atau tidak?

Jawabannya ialah : Quality Of Sales Ratio (QOSR).

Bagaimana menghitungnya? it's somewhat simple:
 Itulah topic yang akan dibahas di posting ini ANALISA KWALITAS PENJUALAN
Contoh:

Total Sales periode 01 s/d 30 June 2008 = Rp 100,000,000
Tetapi cash yangbaru diterima gres Rp 40,000,000
So Quality Of Sales Rationya ialah = 40%

Mengapa cash diterima (Cash Received) yang menjadi ukuran?

Ukuran quality dari revenue (yang dalam hal ini ialah sales) selalu ”Liquidity Level” atau “Tingkat Likwiditas”. Yang artinya, seberapa besar sales tersebut mampu direalisasikan menjadi cash. Sekaligus mengetahui seberapa besar potensi resikonya.

Apa resiko dari suatu sales? Ketertagihannya!. Good Debt atau Bad Debt.

Seberapa besar cash yang diterima dibandingkan dengan total sales, itulah liquidity levelnya. Meskipun memang dalam Balance Sheet, piutang (Account Receivable) itu tergolong Current Asset yang lumayan liquid tetapi belum cukup liquid dibandingkan dengan cash.

Perlu disadari bahwa sangat mungkin dari sekian total sales yang masih nyangkut di rekening Account Receivable (dari referensi di atas Rp 60,000,000 masih berstatus AR) tidak mampu ditagih, atau tertagih tetapi jangka waktu realisasinya sangat lama hingga melewati production turnover. Atau tertagih tetapi tidak semuanya.

Catatan: Khusus mengenai analisa piutang kita akan bahas di topic lain.

Okay, mungkin diantara anda ada yang ingin bertanya: “so what is the good percentage?, berapa prosentase QOSR yang bagus?”, jawabannya tergantung:

[-]. Berapa lamanya production turnover
[-]. Berapa Besarnya Net Earning pada periode yang sama.

Lain kali kita akan bahas analisa terintegrasi mengenai Income Quality dan Sales quality. Untuk ketika ini cukup itu dahulu.


Advancement Sign!

Mau mendapat better point lagi di mata pak dirut? Mau cepat naik gaji/career? :P just kidding. Maksud saya: "mau menawarkan tanggapan yang lebih berkwalitas lagi kepada pak dirut?".

Okay, tambahkan tanggapan tadi dengan “Trend analysis.

Caranya?

Caranya, mudah:

(QOSR Jan+Feb+March+April+May)/5 dibandingkan dengan QOSR bulan june 2008. Naik atau turun? Jika naik berapa persen kenaikannya?, bila turun berapa persen penurunanya?.

Saya rasa saya tidak perlu jelaskan bagaimana mencari prosentase kenaikan atau penurunan tersebut, bukan?.
Jika ada bertanya ”berapa besar penjualan kita bulan ini?”, maka jawabannya ialah total penjualan (Rp/$ bla bla bla). Jika pertanyaannya ”Bagimana penjualan kita bulan ini” maka jawabannya ialah Analisa Kwalitas Sales (Sales Quality Analysis).

 Itulah topic yang akan dibahas di posting ini ANALISA KWALITAS PENJUALANAnalisa Kwalitas Penjualan (sales quality analysis) penting untuk dilakukan. Mengapa? Bagaimana melaksanakan analisanya? Itulah topic yang akan dibahas di posting ini.

Saat penutupan buku, sering bab penjualan menanyakan ke accounting: “berapa penjualan kita bulan ini?Obviously mereka ingin tahu berapa besarnya penjualan, dan string (maksud lain) di balik pertanyaan ini sanggup bermacam-macam:

[1]. Berapa komisi saya bulan ini (mungkin ini paling penting)
[2]. Berapa incentive saya bulan ini (jika mendapatkan gaji+incentive)

Untuk pertanyaan ini, tentu jawabannya sangat mudah, bukan? Sekali lagi, obviously yang ditanyakan yaitu berapa total penjualan bulan ini. Dan jawabannya, anda tinggal melihat buku besar penjualan, atau melihat rekening penjualan (sales) di income statement.

 Itulah topic yang akan dibahas di posting ini ANALISA KWALITAS PENJUALANBiasanya si penanya akan lebih puas kalau anda mau sedikit membuka spreadsheet, kemudian menghitung:

Misalnya:

Penjualan = Rp 100,000,000
Comission = 5% x 100,000,000 = 5,000,000

Lalu dengan cepat anda memperlihatkan tanggapan :
”Penjualan total = Rp 100,000,000 dan komisi anda Rp 5,000,000 (potong pajak)”

Jika angka komisinya tidak mengecewakan besar, tentu si penanya akan tersenyum puas, tetapi kalau angka komisinya relatif kecil, mungkin si penanya akan bertanya lebih jauh lagi: ”koq kecil ya?, memangnya bagaimana hitung-hitungannya?, boleh tidak saya sanggup printout penjualan?” dan lain sebagainya. Penghitungan komisi yang begitu sederhana menjadi sangat rumit baginya, hingga perlu menanyakan ”bagaimana hitung-hitungannya?” :-)

Tentunya situasi tersebut sudah biasa kita hadapi di accounting.


Sales Quality Analysis

Ilustrasi di atas, yaitu schema sederhana, dan yang bertanya yaitu sales.

Bagaimana kalau yang bertanya yaitu Pak Direktur Utama?

Ehem..ehem! (berusaha mengatur tekanan bunyi semoga seakan-akan direktur) ”Bagimana penjualan kita bulan ini?”.

Pertanyaan pak dirut ini hampir sama dengan pertanyaan dari bab sales, nyaris sama. Tetapi kalau anda jeli, pertanyaan ini susungguhnya sangat berbeda.

Apakah anda akan memperlihatkan tanggapan yang sama (total penjualan + komisi)? Atau total penjualan saja?

Jika posisi anda masih clerk atau maksimal bookkeeper, mungkin tanggapan sederhana (total penjualan lawan komisi saja) sanggup dimaklumi. Tetapi kalau posisi anda lebih tinggi dari itu dan anda memperlihatkan tanggapan yang sama, percayalah mungkin hingga dua tahun lagi, career anda akan tetap di posisi yang sekarang.

Lalu tanggapan apa bergotong-royong yang diperlukan oleh seorang eksekutif utama, perihal sales?.

Pertanyaannya tidak mengecewakan terang ”Bagaimana penjulan kita bulan ini?”, diawali dengan kata bagaimana (how?) bukan ”berapa”. So jawabannya terang bukan total penjualan, melainkan ”good/okay/worst.

Itu saja? tentu tidak, seharusnya diikuti dengan alasan mengapa good, mengapa okay, mengapa worst. Atau lebih tepatnya lagi: how good it is or how worst it is.

Tidak hanya sekedar total penjualan yang ingin diketahui, tetapi yang jauh lebih penting dari sekedar angka (saldo) pada rekening, yaitu : Sales Quality (kwalitas penjualan).

Bagaimana mengukur suatu penjualan apakah itu elok atau tidak?

Jawabannya yaitu : Quality Of Sales Ratio (QOSR).

Bagaimana menghitungnya? it's somewhat simple:
 Itulah topic yang akan dibahas di posting ini ANALISA KWALITAS PENJUALAN
Contoh:

Total Sales periode 01 s/d 30 June 2008 = Rp 100,000,000
Tetapi cash yangbaru diterima gres Rp 40,000,000
So Quality Of Sales Rationya yaitu = 40%

Mengapa cash diterima (Cash Received) yang menjadi ukuran?

Ukuran quality dari revenue (yang dalam hal ini yaitu sales) selalu ”Liquidity Level” atau “Tingkat Likwiditas”. Yang artinya, seberapa besar sales tersebut sanggup direalisasikan menjadi cash. Sekaligus mengetahui seberapa besar potensi resikonya.

Apa resiko dari suatu sales? Ketertagihannya!. Good Debt atau Bad Debt.

Seberapa besar cash yang diterima dibandingkan dengan total sales, itulah liquidity levelnya. Meskipun memang dalam Balance Sheet, piutang (Account Receivable) itu tergolong Current Asset yang tidak mengecewakan liquid tetapi belum cukup liquid dibandingkan dengan cash.

Perlu disadari bahwa sangat mungkin dari sekian total sales yang masih nyangkut di rekening Account Receivable (dari teladan di atas Rp 60,000,000 masih berstatus AR) tidak sanggup ditagih, atau tertagih tetapi jangka waktu realisasinya sangat usang hingga melewati production turnover. Atau tertagih tetapi tidak semuanya.

Catatan: Khusus mengenai analisa piutang kita akan bahas di topic lain.

Okay, mungkin diantara anda ada yang ingin bertanya: “so what is the good percentage?, berapa prosentase QOSR yang bagus?”, jawabannya tergantung:

[-]. Berapa lamanya production turnover
[-]. Berapa Besarnya Net Earning pada periode yang sama.

Lain kali kita akan bahas analisa terintegrasi mengenai Income Quality dan Sales quality. Untuk ketika ini cukup itu dahulu.


Advancement Sign!

Mau menerima better point lagi di mata pak dirut? Mau cepat naik gaji/career? :P just kidding. Maksud saya: "mau memperlihatkan tanggapan yang lebih berkwalitas lagi kepada pak dirut?".

Okay, tambahkan tanggapan tadi dengan “Trend analysis.

Caranya?

Caranya, mudah:

(QOSR Jan+Feb+March+April+May)/5 dibandingkan dengan QOSR bulan june 2008. Naik atau turun? Jika naik berapa persen kenaikannya?, kalau turun berapa persen penurunanya?.

Saya rasa saya tidak perlu jelaskan bagaimana mencari prosentase kenaikan atau penurunan tersebut, bukan?.
Jika ada bertanya ”berapa besar penjualan kita bulan ini?”, maka jawabannya yaitu total penjualan (Rp/$ bla bla bla). Jika pertanyaannya ”Bagimana penjualan kita bulan ini” maka jawabannya yaitu Analisa Kwalitas Sales (Sales Quality Analysis).




Romney dan Steinbart (2015) menyatakan bahwa ada beberapa tantangan utama untuk mampu mengimplementasikan sistem ERP, diantaranya yaitu ;
·                Biaya implementasi penerapan sistem ERP yang kompleks dan mahal.
·                Software ERP sendiri terlalu sulit bagi perusahaan untuk diterapkan.
·                Penerapan sistem ERP membutuhkan waktu yang lama untuk perubahan besar.
·                Adanya personil atau karyawan yang dirugikan telah membuat mereka kelelahan / terbebani dengan tanggungjawab lebih besar akhir perubahan proses dari bisnis tersebut.

Turban dan Volonino (2010), menyebutkan bahwa ada dua tantangan / kelemahan yang dihadapi dalam penerapan sistem ERP tersebut, diantaranya yaitu :
·                ERP ini tidak dirancang untuk menangani sejumlah besar produk dari perusahaan tersebut.
·                ERP tidak dapat memproses transaksi yang dibutuhkan untuk memasok kebutuhan pelanggan dengan pesanan mereka.

Sedangkan ISACA (2001) mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi untuk mengimplementasikan sistem ERP ini terdapat pada sejumlah vendor ERP yang telah mengalami kemerosotan sesekali dalam penjualan dan pendapatan, namun dengan adanya pertumbuhan / perkembangan secara tren dalam waktu jangka panjang sehingga secara keseluruhan untuk ERP dapat telah terus berlanjut atau adanya keberlanjutan.

Situs Accounting, Financial & Taxation yang gres sudah aku publish dan mampu dkunjungi sekarang, meskipun construction-proses belum benar-benar rampung dan posting-nya masih sedikit. Oh ya, CPA test- Problems & Solving aku post di sana sudah ada dua session : Audit Risk dan Materiality aspect. Nantinya semua posting yang ada di blog ini akan dipindahkan ke sana secara bertahap. Sementara blog ini akan tetap ada dan aku masiha kan posting di sini juga. Dengan kata lain, hingga semua bahan aku pindahkan ke kawasan baru, blog ini akan tetap ada.


Memberships

Untuk tetap menjaga eksistensi rekan-rekan yang selama ini telah men-support blog ini, maka aku mengatur content situs hanya mampu dilihat secara penuh oleh member saja. Untuk itu, bagi rekan-rekan yang berkenaan, silahkan mulai register membership disana, alasannya ialah akomodasi registrasi member telah tersedia. Caranya mudah. Jangan lupa untuk subscribe e-mail juga biar mendapat update terbaru menyerupai yang sudah-sudah di blog ini. Dan menyerupai biasa, membership disini sama sekali tidak mengikat dalam bentuk apapun. Anda bebas untuk jadi member atau tidak.

Saya minta maaf, bagi rekan-rekan member lama, terpaksa andapun harus registrasi ulang disana, alasannya ialah memang itulah resikonya kalau pindah host dan domain. Mudah-mudahan kerepotan anda ini nantinya akan terkompensasi nanti sesuatu yang lebih baik di situs yang baru.

Perlu aku sampaikan bahwa: meskipun aku berusaha biar ditempat gres nanti menjadi lebih baik, aku tetap tidak berani menjamin bahwa ditempat yang gres nanti pasti lebih bagus, alasannya ialah itu semua nanti akan berpulang pada individu masing-masing. Mungkin sebagian mengatakan lebih baik, tetapi mungkin sebagian lagi akan mengatakan itu tidak lebih baik. Hal itu sudah tercermin dari hasil polling yang diselenggarakan di sini, dimana akhirnya ada yang oke ada yang tidak oke untuk pindah. Bagaimanapun juga, aku tetap minta pemberian dari rekan-rekan sekalian.


Feature, Layout dan penampilan berubah.

Setelah proses construction berjalan separuh jalan, ternyata gres aku ketahui bahwa flatform yang aku pakai sungguh statis, sulit dioperasikan. Saya pikir, bagaimanapun juga content (isi) yang terpenting, masalah penampilan, nanti akan kita perbaiki terus. Kabar baiknya, aku sudah set-up systemnya biar nantinya flexible untuk dikembangkan ke hal-hal yang lebih baik dan lebih beragam fungsinya untuk mampu menunjukkan manfaat yang sebesar-besarnya. Hanya duduk perkara waktu saja. Oh ya, warna thema (theme-colour) situs yang gres ini mampu diubah-ubah sesuai dengan warna yang anda sukai. Mungkin ada yang suka warna biru, yang lain mungkin suka warna hijau, yang lainnya mungkin sukak warna kuning kecoklatan. Silahkan diubah-ubah disana, ada tombolnya empat biji di pojok kanan atas situsnya. Sayang sekali aku hanya mampu menyediakan empat warna pilihan. Mudah-mudahan itu cukup. Dan mampu menjadi penyegar suasana. Mudah-mudahan rekan-rekan sekalian menyukainya.

 aku post di sana sudah ada dua session  New Accounting Home is Live Now!
Tidak banyak bicara lagi, silahkan melihat-lihat disana, kalau anda ada waktu lebih, silahkan sekalian registrasi membership (sangat mudah), dan subscribe dengan e-mail juga. Dan kalau ada commentar mengenai situs yang baru, entah layout, tata warna dan sebagainya, silahkan disampaikan juga (tempat memberikan commentar sekarang sudah lebih mudah). Akan sangat aku hargai. Jika anda galau dengan penampilan situs yang gres dan lain-lain, silahkan buka menu "FAQ" mungkin petunjuk sederhananya mampu membantu. Pergi sekarang ke Accounting, Financial, Taxation yang baru.

Situs Accounting, Financial & Taxation yang gres sudah aku publish dan sanggup dkunjungi sekarang, meskipun construction-proses belum benar-benar rampung dan posting-nya masih sedikit. Oh ya, CPA test- Problems & Solving aku post di sana sudah ada dua session : Audit Risk dan Materiality aspect. Nantinya semua posting yang ada di blog ini akan dipindahkan ke sana secara bertahap. Sementara blog ini akan tetap ada dan aku masiha kan posting di sini juga. Dengan kata lain, hingga semua bahan aku pindahkan ke daerah baru, blog ini akan tetap ada.


Memberships

Untuk tetap menjaga keberadaan rekan-rekan yang selama ini telah men-support blog ini, maka aku mengatur content situs hanya sanggup dilihat secara penuh oleh member saja. Untuk itu, bagi rekan-rekan yang berkenaan, silahkan mulai register membership disana, sebab kemudahan pendaftaran member telah tersedia. Caranya mudah. Jangan lupa untuk subscribe e-mail juga semoga menerima update terbaru menyerupai yang sudah-sudah di blog ini. Dan menyerupai biasa, membership disini sama sekali tidak mengikat dalam bentuk apapun. Anda bebas untuk jadi member atau tidak.

Saya minta maaf, bagi rekan-rekan member lama, terpaksa andapun harus pendaftaran ulang disana, sebab memang itulah resikonya kalau pindah host dan domain. Mudah-mudahan kerepotan anda ini nantinya akan terkompensasi nanti sesuatu yang lebih baik di situs yang baru.

Perlu aku sampaikan bahwa: meskipun aku berusaha semoga ditempat gres nanti menjadi lebih baik, aku tetap tidak berani menjamin bahwa ditempat yang gres nanti niscaya lebih bagus, sebab itu semua nanti akan berpulang pada individu masing-masing. Mungkin sebagian menyampaikan lebih baik, tetapi mungkin sebagian lagi akan menyampaikan itu tidak lebih baik. Hal itu sudah tercermin dari hasil polling yang diselenggarakan di sini, dimana balasannya ada yang baiklah ada yang tidak baiklah untuk pindah. Bagaimanapun juga, aku tetap minta derma dari rekan-rekan sekalian.


Feature, Layout dan penampilan berubah.

Setelah proses construction berjalan separuh jalan, ternyata gres aku ketahui bahwa flatform yang aku pakai sungguh statis, sulit dioperasikan. Saya pikir, bagaimanapun juga content (isi) yang terpenting, kasus penampilan, nanti akan kita perbaiki terus. Kabar baiknya, aku sudah set-up systemnya semoga nantinya flexible untuk dikembangkan ke hal-hal yang lebih baik dan lebih bermacam-macam fungsinya untuk sanggup memperlihatkan manfaat yang sebesar-besarnya. Hanya duduk kasus waktu saja. Oh ya, warna thema (theme-colour) situs yang gres ini sanggup diubah-ubah sesuai dengan warna yang anda sukai. Mungkin ada yang suka warna biru, yang lain mungkin suka warna hijau, yang lainnya mungkin sukak warna kuning kecoklatan. Silahkan diubah-ubah disana, ada tombolnya empat biji di pojok kanan atas situsnya. Sayang sekali aku hanya sanggup menyediakan empat warna pilihan. Mudah-mudahan itu cukup. Dan sanggup menjadi penyegar suasana. Mudah-mudahan rekan-rekan sekalian menyukainya.

 aku post di sana sudah ada dua session  New Accounting Home is Live Now!
Tidak banyak bicara lagi, silahkan melihat-lihat disana, bila anda ada waktu lebih, silahkan sekalian pendaftaran membership (sangat mudah), dan subscribe dengan e-mail juga. Dan bila ada commentar mengenai situs yang baru, entah layout, tata warna dan sebagainya, silahkan disampaikan juga (tempat memberikan commentar kini sudah lebih mudah). Akan sangat aku hargai. Jika anda galau dengan penampilan situs yang gres dan lain-lain, silahkan buka sajian "FAQ" mungkin petunjuk sederhananya sanggup membantu. Pergi kini ke Accounting, Financial, Taxation yang baru.

Soal dan Jawaban Ujian CPA (CPA Exam - Problems and Solving) telah mulai di posting di Situs Accounting Financial Taxation yang baru. So far masih soal-soal multiple choice. Untuk soal-soal essay akan segera menyusul. Sampai ketika ini gres ada 2 aspect yang di posting yaitu: Audit Risk dan Materiality Aspect.

Agar dapat meng-explore content yang ada di sana, silahkan untuk register dulu di ruang member. Untuk yang berminat silahkan baca selengkapnya di Financial Accounting Taxation yang baru.



Romney dan Steinbart (2015) menjelaskan bahwa sebagian besar organisasi seukuran menengah besar banyak menggunakan sistem ERP untuk mengkoordinasikan dan mengelola data mereka dengan proses bisnis serta sumber daya perusahaan. Sistem ERP ini dapat mengumpulkan, memproses, serta menyimpan data dan menunjukkan manajer sebuah isu sehingga pihak eksternal dapat menilai perusahaan tersebut.

ISACA (2001) mengemukakan bahwa perencanaan sumber daya untuk mengatasi banyak perubahan proses bisnis dalam perusahaan, ada beberapa tipe gres sistem software yang dapat dikembangkan perusahaan dengan sistem (ERP). Sistem ini ialah aplikasi dari solusi perangkat lunak yang terintegrasi yang mendukung kebutuhan bisnis perusahaan. Sistem ini terdiri dari modul-modul yang berfokus pada aspek-aspek tertentu dari bisnis perusahaan menyerupai keuangan, sumber daya manusia, logistik dan pengadaan.

Soal dan Jawaban Ujian CPA (CPA Exam - Problems and Solving) telah mulai di posting di Situs Accounting Financial Taxation yang baru. So far masih soal-soal multiple choice. Untuk soal-soal essay akan segera menyusul. Sampai ketika ini gres ada 2 aspect yang di posting yaitu: Audit Risk dan Materiality Aspect.

Agar mampu meng-explore content yang ada di sana, silahkan untuk register dulu di ruang member. Untuk yang berminat silahkan baca selengkapnya di Financial Accounting Taxation yang baru.

Pengakuan Pendapatan praktis gampang susah Pengakuan Pendapatan - Revenue Recognition
Pengakuan Pendapatan praktis gampang susah. Metode yang paling sering kita pakai ialah legalisasi pendapatan dikala penyerahan barang/jasa (Revenue Recognition at The Delivery Time). Sederhana dan rasanya paling pas. Apakah metode legalisasi pendapatan ini sudah sangat sempurna? adakah kelemahannya? bagaimana kalau sehabis barang diserahkan ternyata ada retur? apa yang perlu dilakukan biar pengekuan pendapatan dikala penyerahan barang tetap aman?.


Posting lengkap dan detailnya silahkan dibaca di Accounting Financial Taxation yang gres yaitu: Revenue Recognition At The Delivery Time). Jangan lupa register jadi member dahulu biar sanggup membaca artikel secara lengkap. Caranya sangat mudah, lagipula selalu free ibarat disini juga.





Turban (2008) menyebutkan bahwa ada beberapa tahap yang dapat dilakukan dalam pengimplementasian pada sistem ERP alasannya ialah tahapan-tahapan tersebut sangat penting untuk diimplementasikan ke dalam perusahaan, sehingga perusahaan dapat menjalankan proses bisnisnya dengan baik dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan, diantaranya ialah ;
a.              Proses Persiapan
Pelaksana ERP biasanya memerlukan perubahan proses bisnis yang ada.
b.              Konfigurasi
Konfigurasi sistem ERP sebagian besar ialah problem menyeimbangkan cara yang  diinginkan oleh pelanggan sistem untuk bekerja dengan cara itu dirancang untuk bekerja.
c.               Kustomisasi
d.              Ekstensi
e.              Migrasi Data
Migrasi data ialah proses memindahkan / menyalin dan restrukturisasi data dari sistem yang ada ke sistem ERP.

Menurut ISACA (2001), Keputusan untuk menerapkan sistem ERP ini harus didasarkan pada alasan kasus bisnis. Kasus bisnis mungkin melibatkan teknologi, perbaikan proses, peningkatan produktivitas dan pertimbangan strategis. Pembenaran teknologi termasuk kebutuhan untuk mengatasi problem Y2K yang mengintegrasikan fungsi sistem yang berbeda dengan rendahnya kualitas sistem yang ada dan menggabungkan akuisisi dengan kemampuan gres menyerupai aksesibilitas web ke dalam lingkungan bisnis. Peningkatan produktivitas meliputi kebutuhan untuk menutup siklus keuangan dan meningkatkan produksi secara keseluruhan dari sudut pandang perusahaan. Pertimbangan strategis mengatasi kemampuan untuk menerapkan seni administrasi gres yang tidak didukung oleh perangkat lunak ketika ini, namun dapat meningkatkan layanan pelanggan dan kepuasan , menanggapi tekanan kompetitif, serta meningkatkan respon pelanggan. .

Pengakuan Pendapatan gampang gampang susah Pengakuan Pendapatan - Revenue Recognition
Pengakuan Pendapatan gampang gampang susah. Metode yang paling sering kita pakai yaitu akreditasi pendapatan ketika penyerahan barang/jasa (Revenue Recognition at The Delivery Time). Sederhana dan rasanya paling pas. Apakah metode akreditasi pendapatan ini sudah sangat sempurna? adakah kelemahannya? bagaimana jikalau setelah barang diserahkan ternyata ada retur? apa yang perlu dilakukan semoga pengekuan pendapatan ketika penyerahan barang tetap aman?.


Posting lengkap dan detailnya silahkan dibaca di Accounting Financial Taxation yang gres yaitu: Revenue Recognition At The Delivery Time). Jangan lupa register jadi member dahulu semoga mampu membaca artikel secara lengkap. Caranya sangat mudah, lagipula selalu free ibarat disini juga.



 ialah salah satu aktifitas pengendalian yang sangat vital di dalam perusahaan System Pengendalian Gaji
Pengendalian Gaji (Payroll Control) ialah salah satu aktifitas pengendalian yang sangat vital di dalam perusahaan. Mengapa? Karena sebagian besar sumber daya keuangan perusahaan dialokasikan untuk keperluan upah dan gaji. Menjadi semakin vital alasannya penggajian melibatkan cash disbursment yang sangat tinggi, didistribute kepada banyak orang (karyawan), sangat rentant akan penggelapan disamping erroneous (kesalahan-kesalahan) yang tidak disengaja, yang pribadi berakibat pada kerugian bagi pihak perusahaan. Bagaimana tidak, uang perusahaan pribadi dipindahkan keluar kas perusahaan. Apa saja jenis kesalahan dan modus penggelapan yang biasa dilakukan di dalam proses penggajian?, bagimana mencegahnya? bagaimana mendeteksi dan menangkapnya?


Selengkapnya dapat dibaca di Accounting Financial Taxation, disana saya posting panduan detailnya. silahkan dibaca disana. Perlu saya ingatkan bahwa untuk dapat membaca content yang ada di sana, anda perlu menjadi member, cara pendaftaran sangat mudah. silahkan pendaftaran sekarang.

Ada beberapa pertanyaan disekitar dilema LOG IN dan MEMBERSHIP di situs Accounting Financial Taxation. Jika anda mengalami kesulitan log-in di situs yang gres silahkan baca petunjuk di bawah ini (sebenarnya petunjuk ini juga telah tersedia di situsnya yaitu di sajian ”FAQ”, hanya saja dalam bahasa inggris) dibawah ini yaitu petunjuk dalam bahasa Indonesia (nanti FAQ juga akan saya update)


Keanggotaan (Membership)

[Q]. Bagaimana caranya menjadi member di situs ini?
[A]. Caranya mudah, masuk ke sajian “Member”, isi form, submit, buka email yang anda pakai untuk registrasi, alasannya yaitu user ID (nama) dan PASSWORD dikirimkan ke email yang anda pakai waktu registrasi.

[Q]. Berapa saya harus membayar untuk menjadi member di situs ini?
[A]. Tidak berbayar (alias gratis).

[Q]. Di form pendaftaran saya diminta memasukkan nomor telephone, apakah saya boleh tidak mengisi bab ini?
[A]. Iya saya tahu, banyak diantara anda akan keberatan untuk mengisi bab ini. Saya sedang berusaha untuk menghilangkan field tersebut. Kami menghargai privacy (kerahasiaan) anda, sanggup saya katakana bahwa saya tidak pernah mencatat bagian-bagian ini, yang kami record hanya nama dan e-mail address saja. Dan kami tidak akan pernah menghubungi anda untuk maksud dan tujuan apapun. Jika anda memang benar-benar keberatan untuk mengisi bab ini, anda sanggup mengisinya dengan nomor telp palsu.

[Q]. Saya sudah kirimkan pendaftaran (pendaftaran), tetapi hingga ketika ini saya belum mendapatkan password di email saya. Mengapa?
[A]. Iya, semua pemakai email berbasis web (Gmail, yahoomail, Hotmail, AOL mail, dll) niscaya mengalami hal yang sama, termasuk saya tentunya. Email berbasis web ibarat yang saya sebutkan tadi biasanya melaksanakan filter terhadap email yang dikirimkan dari email address yang menggunakan “no-reply” yang berasal dari dari mailing-list system, termasuk email berisi password yang dikirimkan dari web ini. Email tersebut biasanya dipindahkan secara automatis ke folder “Junk Mail” atau “Bulk Mail” atau “SPAM” untuk alasan security, yang mana hal tersebut yaitu anggun bagi kita sebagai pengguna web-based e-mail. Dan itu samasekali bukan masalah, hanya tinggal buka folder tersebut, anda akan menemukan email berisi password dari situs ini niscaya ada di sana. Buka, folder tersebut, kemudian ambil nama dan password yang di sebutkan di sana, pakailah nama dan password tersebut untuk log-in.

* Tambahan: Saya anjurkan untuk memindahkan email tersebut ke folder inbox, kemudian tandai dengan “Not-Spam”, alasannya yaitu bagaimanapun juga membership anda di situs ini seterusnya akan anda butuhkan setiap kali anda hendak mengakses situs ini. Kecuali anda menggap email tersebut yaitu SPAM. Saya tahu, password yang diberikan rasanya asing dengan character yang tidak gampang untuk anda ingat. Anda sanggup mengubah password tersebut, dengan cara, anda log ini menggunakan password yang orisinil dahulu, kemudian anda masuk ke sajian member—Registrasi, disana anda sanggup click “Change Password” kemudian masukkan password anda yang usang untuk field di atasnya dan password yang gres di field yang dibawahnya.

[Q]. Apakah ada kewajiban-kewajiban saya sebagai member di situs ini?
[A]. Tidak ada semacam kewajiban yang serius sebagai member di sistus ini, silahkan explore, nikmati content yang ada senyaman mungkin, silahkan sampikan komentar dengan baik (jika ingin berkomentar atau bertanya), hargai karya tulis situs ini dengan tidak melaksanakan copy content. Hanya itu.

[Q]. Apakah saya boleh membatalkan keanggotaan?
[A]. Tentu, kapan saja anda mau. Atau lupakan saja bahwa anda member dari situs ini, secara automatis system akan menghapus member yang tidak aktif dalam jangka waktu yang cukup lama.

[Q]. Saya pernah menjadi member situs ini, tetapi sudah usang tidak pernah masuk ke sini lagi, mengapa kini saya tidak sanggup log-in?
[A]. Seperti telah disampaikan di atas, member yang usang tidak aktif akan terhapus secara automatis, alasannya yaitu kami mustahil untuk me-maintenance member yang sudah tidak aktif, kami akan lebih berfocus pada member yang aktif saja. Dengan tetap menyimpan data member yang lama, artinya mengurangi kesempatan bagi member yang aktif. Dan itu tidak adil bagi mereka. Saya harap anda sanggup mengerti. Jika anda ingin aktif kembali, anda dipersilahkan untuk melaksanakan pendaftaran lagi.


Log-in

[Q]. Saya sudah kirimkan registrasi, dan sudah menerima password, mengapa waktu saya membuka situs ini, content (isi-nya) masih tidak sanggup dibuka?
[A]. Itu artinya anda belum log-in, silahkan log in di kawasan log in yang disediakan di sidebar yang tersedia di setiap halaman situs ini. Pergunakan “Name” dan “Password” yang anda terima di email.

[Q]. Ketika saya telah selesai, apakah saya perlu log-out?
[A]. Jika anda menggunakan koneksi internet dan computer pribadi, anda sanggup eksklusif menutup web browser anda tanpa melaksanakan log out. Tetapi bila anda menggunakan koneksi menyebarkan dengan orang lain atau computer berbagi, maka saya sarankan sebaiknya lakukan log-out (untuk menghindari penyalahgunaan).


E-mail Subscription

[Q]. Apa bedanya membership dengan email subscription? Mengapa tidak menjadi satu paket?
[A]. Dengan menjadi member, anda akan sanggup membuka semua content yang ada di situs ini. Sedangkan bila anda melaksanakan email subscription, anda akan sanggup mendapatkan pemberitahuan secara automatis setiap ada update (posting) gres di situs ini. Sekali lagi, kami menghargai kenyamanan dan privacy anda. Mungkin sebagian dari anda lebih suka dengan menjadi member sekaligus mendapatkan pemberitahuan untuk setiap update ke email, sementara yang lain mungkin merasa tidak perlu mendapatkan pemberitahuan untuk setiap update eksklusif ke e-mail alasannya yaitu memang sering-sering ke situs ini. Kami menyediakan kedua pilihan untuk memenuhi kebutuhan anda terhadap situs ini dengan sebaik-baiknya.

Catatan: Jika anda menemukan (merasakan) ada perubahan system dalam situs ini, entah itu layout atau system navigasi situs, dan lain-lain, anda sanggup eksklusif masuk ke sajian “FAQ”, bila memang ada perubahan, saya akan berikan petunjuknya di sana.

Terimakasih telah berkunjung ke Accounting, Financial, Taxation dan berminat untuk menjadi member. Jika masih ada kesulitan, silahkan hubungi saya di lie.dharma.putra[at]gmail.com atau tulis komentar di bawah ini, atau tulis di shoutbox. Terimakasih.


SEBERAPA  BAIK  STRATEGI  PERUSAHAAN  SAAT INI?

Dalam mengevaluasi apakah taktik perusahaan berjalan dengan baik apa tidak dapat dilihat secara terang melalui taktik apa yang diperlukan. Hal pertama yang diuji yakni pendekatan kompetitif perusahaan. Hal apa yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik konsumen dan meningkatkan posisinya dipasar. Yang kedua yakni apakah perusahaan mencapai tujuan keuangan dan strategisnya dan apakah perusahaan merupakan pemain industri diatas rata-rata. Selain itu ada indikator lainnya yakni pertumbuhan penjualan perusahaan dan pangsa pasar, peningkatan margin laba, pertumbuhan kekuatan keuangan dan peringkat kredit, pandangan konkret oleh pemegang saham dan konsumen, peningkatan yang berkesinambungan dalam kinerja operasi dan sebagainya.

Indikator Lainnya yang mampu dijadikan panduan dari seberapa baik taktik perusahaan bekerja diantaranya :
a.              Apakah penjualan perusahaan tumbuh lebih cepat, lebih lambat atau sama kecepatannya dengan pasar secara keseluruhan, sehingga menimbulkan terpengaruhnya kesetabilan pasar,
b.             Apakah Perusahaan memperoleh pelanggan gres rating yang sangat memuaskan serta mempertahankan konsumen yang sudah mereka miliki,
c.              Apakah besaran keuntungan perusahaan meningkat atau menurun dan seberapa baik/buruknya perubahan itu jikalau dibandingkan dengan perusahaan pesaingnya,
d.             Beberapa orientasi/trend terhadap Laba Bersih /ROI yang dapat dicapai oleh Perusahaan, dan bagaimana mereka membandingkan dengan Trend yang sama kepada perusahaan-perusahaan pesaing lainnya,
e.              Apakah keuangan perusahaan secara keseluruhan berpengaruh dan peringkat kredit membaik atau menurun,
f.              Bagaimana pemegang saham melihat perusahaan atas dasar musim harga saham perusahaan dan nilai pemegang saham (gambaran yang relatif terhadap musim harga saham pada perusahaan lain yang sejenis),
g.             Apakah citra dan reputasi perusahaan dengan pelanggan tumbuh lebih baik atau memburuk,
h.             Bagaimana perusahaan melawan persaingan teknologi, inovasi produk, layanan pelanggan, kualitas produk, ketepatan waktu, kestabilan harga, pengembangan produk gres ke pasar dengan tepat, dan faktor lainnya yang relevan yang didasarkan kepada selera/pilihan konsumen.
i.               Bagaimanakah pengukuran kinerja operasional  untuk menjamin bahwa operasional perusahaan akan stabil, membaik atau bahkan mampu memburuk.

 yaitu salah satu aktifitas pengendalian yang sangat vital di dalam perusahaan System Pengendalian Gaji
Pengendalian Gaji (Payroll Control) yaitu salah satu aktifitas pengendalian yang sangat vital di dalam perusahaan. Mengapa? Karena sebagian besar sumber daya keuangan perusahaan dialokasikan untuk keperluan upah dan gaji. Menjadi semakin vital alasannya yaitu penggajian melibatkan cash disbursment yang sangat tinggi, didistribute kepada banyak orang (karyawan), sangat rentant akan penggelapan disamping erroneous (kesalahan-kesalahan) yang tidak disengaja, yang eksklusif berakibat pada kerugian bagi pihak perusahaan. Bagaimana tidak, uang perusahaan eksklusif dipindahkan keluar kas perusahaan. Apa saja jenis kesalahan dan modus penggelapan yang biasa dilakukan di dalam proses penggajian?, bagimana mencegahnya? bagaimana mendeteksi dan menangkapnya?


Selengkapnya mampu dibaca di Accounting Financial Taxation, disana saya posting panduan detailnya. silahkan dibaca disana. Perlu saya ingatkan bahwa untuk mampu membaca content yang ada di sana, anda perlu menjadi member, cara registrasi sangat mudah. silahkan registrasi sekarang.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.