LINGKUNGAN ETIKA
Etika yaitu cabang dari filsafat yang menyelidiki penilaian normatif perihal apakah perilaku ini benar atau apa yan seharusnya dilakukan. Kebutuhan akan tabiat muncul dari harapan untuk menghindari permasalahan – permasalahan di dunia nyata. Praktik bisnismerupakan kegiatan utama masyarakat yang wajib didukung oleh perilaku baik. Pada erakompetisi yang ketat ini, reputasi perusahaan yang baik yang dilandasi oleh tabiat bisnismerupakan sebuah competitive advantage yang sulit ditiru. Oleh alasannya itu, perilaku etikadiperlukan untuk mencapai sukses jangka panjang dalam sebuah bisnis.Etika bisnis memiliki prinsip – prinsip yang harus ditempuh oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya dan harus dijadikan pemikiran biar memiliki standar baku yang mencegah timbulnya ketimpangan dalam memandang tabiat moral sebagai standar kerja atau operasi perusahaan. Adapun prinsip-prinsip tabiat bisnis yaitu sebagai berikut :
a. Prinsip otonomi, yaitu kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkankesadaran perihal apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moralatas keputusan yang diambil.
b. Prinsip kejujuran, bisnis tidak akan bertahan lama apabila tidak berlandaskankejujuran alasannya kejujuran merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis (misalkejujuran dalam pelaksanaan kontrak, kejujuran terhadap konsumen, kejujuran dalamhubungan kerja dan lain-lain).
c. Prinsip keadilan, bahwa tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yangsesuai dengan haknya masing-masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.
d. Prinsip saling menguntungkan, biar semua pihak berusaha untuk salingmenguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.
e. Prinsip integritas moral, prinsip ini merupakan dasar dalam berbisnis dimana para pelaku bisnis dalam menjalankan usaha bisnis mereka harus menjaga nama baik perusahaan biar tetap dipercaya dan merupakan perusahaan terbaik
Post a Comment
Post a Comment