Contoh SOP File Master Anggaran
Contoh SOP File Master Anggaran adalah satu contoh SOP dari 3 contoh SOP tentang ANGGARAN. Pentingnya penyusunan sebuah anggaran sehingga dibuatkan SOP hingga tiga macam.
Contoh SOP yang lain, bisa Anda baca ini Standard Operating Procedure Cara Membuat SOP dan Begini Langkah-langkah Membuat SOP Pengendalian Proses Penyaluran Produk.
Yukk kita langsung mulai saja untuk menyusun contoh SOP File Master Anggaran.
Sesuai dengan judul SOP, isi dari SOP File Master Anggaran memuat pedoman mengenai penyusunan anggaran yang standar sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan efektif pada semua bagian, divisi, atau departemen perusahaan.
Sebagaimana yang sudah diatur dalam SOP Cara Membuat SOP, langkah dan format SOP File Master Anggaran adalah sebagai berikut :
Langkah #1. Membuat Header SOP File Master Anggaran
Elemen dalam header terdiri dari :
- Logo & Nama Perusahaan, dalam contoh kali ini kita menggunakan nama PT Manajemen Keuangan Network.
- Judul SOP, pembuatan judul sebaiknya lugas, jelas, unik, dan menggambarkan isi SOP. Contoh judul yang diberikan adalah SOP File Master Anggaran.
- Nomor Dokumen, pembuatan nomor dokumen mengacu pada ketentuan dalam SOP Cara Membuat SOP. Contoh yang diberikan di sini adalah MKN-SOP-01.1.1-17. Kode MKN menunjukkan kode perusahaan, kode SOP-01.1.1 menunjukkan kode nomer untuk bagian laporan, kode 17, menunjukkan tahun dibuatnya SOP.
- Mulai berlaku, elemen ini menunjukkan tanggal berlakunya SOP, misalnya 01 April 2017, yang menunjukkan mulai berlakunya SOP.
- Revisi, elemen ini menunjukkan jumlah revisi yang telah dilakukan. Misal kodenya 00, ini berarti belum pernah terjadi revisi SOP.
- Tanggal revisi, elemen ini menunjukkan waktu revisi SOP. Misalnya isinya (-) berarti belum pernah terjadi revisi.
- Halaman, elemen yang menunjukkan jumlah halaman SOP. Misalnya dituliskan 1 dari 3halaman, ini berarti halaman 1 dari jumlah total 3 halaman.
Bila disusun dalam sebuah header yang utuh adalah sebagai berikut :
Langkah #2. Menyusun Isi SOP
Isi SOP File Master Anggaran terdiri dari beberapa elemen, yaitu :
1. Latar Belakang
Latar belakang dibuatnya SOP File Master Anggaran adalah :
- Manajemen dalam menjalankan kegiatan usaha perlu pedoman yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter.
- Bahwa anggaran harus bersifat sistematis, artinya anggaran disusun dengan berurutan berdasarkan logika.
2. Tujuan
Menyediakan file penyusunan anggaran yang standar untuk seluruh departemen dan kantor cabang, sehingga proses penyusunan dapat efisien dengan hasil yang akurat dan informatif mencakup seluruh aspek kegiatan perusahaan.
3. Ruang Lingkup
- Penetapan struktur dan struktur harga
- Pembuatan master file anggaran menyeluruh, file kertas kerja dan file perhitungan biaya.
- Memasukkan data realisasi
- Distribusi seluruh file bahan penyusunan anggaran
4. Satuan Kerja Terlibat
- Bagian operasional
- Bagian anggaran
- Bagian IT
- Manajer Akuntansi dan Keuangan
- General Manager Akuntansi dan Keuangan
5. Dokumen yang dipergunakan
- Internal Memo
- Surat asumsi dan jadwal penyusunan anggaran dari Direktur Keuangan
- Surat pengantar File Master Anggaran.
6. Referensi
- ISO 9001
- Quality Management System
7. Prosedur Pelaksanaan
- Berdasarkan jadwal dan asumsi yang telah ditetapkan, General Manager Keuangan dan Akuntansi menyampaikan memo internal ke Bagian Operasional (Distribusi, Marketing dan Trading) untuk menyusun struktur produk yang akan dianggarkan berikut struktur harganya.
- Bagian Operasional menyusun struktur harga dan struktur produk yang akan dijual, membahas bersama Bagian Anggaran dan menetapkannya.
- Bagian Anggaran membuat file master penyusunan anggaran penjualan dan laba rugi semua kantor cabang dan kantor pusat berdasarkan struktur harga dan produk yang ditetapkan.
- Bagian Anggaran membuat file kertas kerja biaya, investasi dan karyawan serta file perhitungan biaya berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan.
- Bagian IT menyusun realisasi penjualan tahun berjalan sesuai format dan struktur produk yang ditetapkan.
- Bagian Anggaran yang upload data penjualan dan biaya tahun sebelumnya dan tahun berjalan serta anggaran tahun lalu ke dalam File Master Anggaran.
- Manajer Akuntansi & Keuangan memeriksa dan memberikan persetujuan atas File Master penyusunan anggaran tersebut.
- Generala Manager Akuntansi & Keuangan memeriksa dan memberikan persetujuan atas File Master penyusunan Anggaran tersebut.
- Bagian Anggaran mendistribusikan File Master Anggaran dan File Pendukungnya ke semua kantor cabang perusahaan dan semua departemen kantor pusat.
8. Flow Chart
Flow chart dibuat untuk menjelaskan alur proses penyusunan File Master Anggaran melalui chart.
Agar lebih mudah dimengerti dan dipahami, dalam chart ini dibagi menjadi 3 alur proses utama yang terjadi pada Bagian Anggaran, Bagian Operasional, dan Bagian IT.
Lebih jelasnya, mari kita lihat chart berikut ini :
Langkah #3. Bagian Pengesahan SOP File Master Anggaran
Setelah menyusun isi SOP, langkah berikutnya adalah membuat bagian pengesahan.
Bagian ini berisi tentang siapa yang membuat, memeriksa, dan menyetujui SOP File Master Anggaran. Format bagian pengesahan adalah seperti berikut ini :
Bila ke-3 langkah di atas disusun dalam format lengkap SOP File Master Anggaran maka hasilnya seperti berikut ini :
Perhatikan contoh halaman 01 berikut ini:
Perhatikan contoh halaman 02 berikut ini:
Berikut ini contoh halaman 3:
Demikian contoh SOP File Master Anggaran. Bagaimana menurut Anda?
Post a Comment
Post a Comment