Account Assistant Account Officer Account Payable Account Receivable Accounting Accounting Case Study Accounting Certification Accounting Contest Accounting For Manager Accounting Manager Accounting Software Acquisition Admin Administrasi administrative assistant Administrator Advance accounting Aktiva Tetap Akuisisi Akun Akuntan Privat Akuntan Publik AKUNTAN. Akuntansi Akuntansi Biaya Akuntansi Dasar Akuntansi Management Akuntansi Manajemen Dan Biaya Akuntansi Pajak Akuntansi Perusahaan Dagang Akuntansi Perusahaan Jasa Akuntansi Syariah Akuntansi Translasi Akunting Analisis Transaksi Announcement Aplikasi Akuntansi archiving ARTICLES ARTIKEL Asumsi dasar Akuntansi Asuransi Aturan Pencatatan Akuntansi Audit Audit Kinerja Auditing Balance sheet Bank Basic Accounting Bea Cukai Bea Masuk Bidang Akuntansi Bukti Transaksi Buku Besar Calculator Capital Cara Pencatatan Akuntansi Career Cash Cash Flow Cat Certification Checker Checker Gudang COGS Collection Contest Corporate Social Responsibility (CSR) Cost Cost Analysis CPA CPA EXAM Credit Credit Policy Current Asset Custom Custom Clearence Dasar Akuntansi Data Debit Kredit Discount Diskon Distributor Dyeing Ekspor Engineering Etika Profesi & Tata Kelola Korporat Example Expense Export - Import FASB Finance FINANCIAL Financial Advisor Financial Control Finansial Foreign Exchange Rate Form FRAUD Free Download Freebies Fungsi Akuntansi GAAP GAJI Garansi Gift Goodwill Gudang Harga Pokok Penjualan Hotel HPP HRD IFRS Impor Import Import Duty Informasi Akuntansi International Accounting Investasi IT Jasa Jasa Konstruksi Job Vacant JUDUL SKRIPSI AKUNTANSI TERBARU Jurnal Khusus Jurnal Pembalik Jurnal Pembalik Dagang Jurnal Penutup Jurnal Penutup Dagang Jurnal Penyesuaian Jurnal Umum Kas Kas Bank Kas Kecil Kasus Akuntansi Kasus Legal Kasus Pajak Kepala Rekrutment Kertas Kerja Keuangan Knitting Komentar Komputer Konsolidasi Konstruksi Konsultan Laba-Rugi Laboratorium Lain-lain lainnya LANDING COST Laporan akuntansi Laporan Arus Kas Laporan Keuangan Laporan Keuangan Dagang Laporan Keuangan Jasa Laporan Laba Rugi Laporan Perubahan Modal laporan Rugi Laba Layanan Konsumen Lean Accounting Lean Concept Lean Manufacturing Legal Logistik Lowongan Kerja Accounting MA Accounting Macam Transaksi Dagang Management Management Accounting Manager Manajemen Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan Manajemen Stratejik Manajer Manajer Administrasi Manfaat Akuntansi Manufaktur Marketing Matching Color Mekanisme Debit Mekanisme Kredit Mencatat Transaksi Merger metode fifo dan lifo Mid Level Miscellaneous Modal Neraca Neraca Lajur Neraca Saldo Neraca Saldo Setelah Penutupan Nerasa Saldo Office Operator Operator Produksi Paint PAJAK pajak pusat.pajak daerah(provinsi dan kabupaten) payroll Pelaporan Korporate Pemasaran Pembelian Pemberitahuan Pemindahbukuan Jurnal Pencatatan Perusahaan Dagang Pendapatan Pengakuan Pendapatan Pengarsipan Pengendalian Pengendalian Keuangan Pengertian Akuntansi PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN pengertian pajak PENGERTIAN PSAK PENGGELAPAN Pengguna Akuntansi Pengkodean Akun Penjualan Perbankan Perlakuan akuntansi Perpajakan Persamaan Dasar Akun Petty Cash Piutang Posting Buku Besar PPH PASAL 21 PPh Pasal 22 PPh Pasal 26 PPn PPn Import Prefesi Akuntansi Prinsip Akuntansi PRINSIP DASAR AKUNTANSI Produksi Profesi Akuntansi Professi Akuntan Profit-Lost Proses Akuntansi Proyek PSAK PSAK TERBARU PURCHASE Purchasing QA QC Quality Assurance Quality Control Quiz Rabat Rajut rangkuman Rebate Recruitment Recruitment Head Rekrutment Retail Retur Return Revenue Review Saldo Normal Sales Sales Representative Sejarah Akuntansi SERIE ARTIKEL Sertifikasi Shareholder Shipping Agent Shipping Charge siklus akuntansi Silus Akuntansi Dagang Sistem sistem akuntansi Sistem Informasi Sistem Informasi & Pengendalian Internal Soal dan Jawaban CPA SPI Spreadsheet Accounting Spreadsheet Gratis Staff Struktur Dasar Akuntansi Supervisor system pengendalian system pengendalian gaji Tax Taxation Teknik Tekstil Template Teori-teori Akuntansi Tinta Tip n Tricks TIPS AND TRICKS Tools Top Level Transaksi Keuangan Tutup Buku Ujian CPA UPAH update situs USAP Utilities Video Tutor Warehouse Warna warranty What Is New

Contoh SOP Finalisasi Anggaran

Contoh SOP Finalisasi Anggaran
Contoh SOP Finalisasi Anggaran adalah contoh SOP ke dua dari 4 (empat) contoh SOP tentang Anggaran.
Mengapa perusahaan, organisasi, atau sebuah entitas memerlukan SOP, penjelasan lengkapnya akan anda peroleh di artikel tentang tools akuntansi sederhana dan SOP.
Monggo, silahkan dibaca-baca kalau pas lagi senggang….
Contoh SOP pertama adalah mengenai SOP File Master Anggaran, bila belum membacanya  kami sarankan untuk segera membacanya agar pengertian, pengetahuan, dan pemahaman tentang SOP Anggaran semakin lengkap dan utuh.
Format SOP Finalisasi Anggaran sama dengan contoh SOP sebelumnya, yaitu terdiri dari header, isi dan pengesahan.
Yukk kita mulai susun satu per satu SOP Finalisasi Anggaran…

01. Cara dan Langkah Membuat SOP Anggaran

Langkah pertama menyusun SOP adalah menentukan format atau bentuk SOP yang akan digunakan. Tentang jenis-jenis format, bisa anda pelajari di: cara membuat SOP, mudah dan sederhana, namun powerful.

Header SOP

Header SOP Finalisasi Anggaran terdiri dari Nama & Logo Perusahaan, Judul SOP, Nomor Dokumen, tanggal mulai berlakunya SOP, jumlah revisi, waktu revisi, dan jumlah halaman SOP.
Bentuk format lengkapnya adalah sebagai berikut :
Contoh SOP Finalisasi Anggaran - Header
Format Header SOP Finalisasi Anggaran 

Isi SOP

Isi SOP terdiri dari beberapa bagian yaitu :

Latar Belakang

  • Manajemen dalam menjalankan kegiatan usaha perlu pedoman yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter.
  • Anggaran perusahaan merupakan pendekatan yang formal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggungjawab manajemen di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.

Tujuan

Mendapatkan pengesahan atas anggaran yang disusun sehingga bisa digunakan sebagai alat pihak menajemen untuk mengelola perusahaan.

Ruang Lingkup

  • Finalisasi penyusunan anggaran
  • Penyusunan anggaran gabungan seluruh departemen dan kantor cabang perusahaan
  • Penyiapan bahan RUPS anggaran
  • Pencetakan, penggandaan, dan pendistribusian buku anggaran

Satuan Kerja Terlibat

  • Bagian Anggaran
  • Manager Akuntansi Keuangan
  • GM Akuntansi & Keuangan
  • Dewan Direksi
  • Dewan Komisaris
  • Pemegang Saham

Dokumen Yang Dipergunakan

  • Surat Persetujuan dan Tanggapan Komisaris
  • Risalah RUPS RKAP
  • Buku RKAP

Referensi

  • ISO 9001
  • Quality Management System

Prosedur Pelaksanaan

  • Bagian anggaran menyusun anggaran gabungan seluruh kantor cabang perusahaan dan kantor pusat yang meliputi laba rugi.
  • Manajer Akuntansi dan Keuangan memeriksa anggaran gabungan jika disetujui diteruskan ke GM Akuntansi Keuangan.
  • GM Akuntansi & Keuangan memeriksa anggaran gabungan apabila disetujui maka GM Akuntansi Keuangan melakukan pembahasan anggaran gabungan dengan Dewan Direksi.
  • Direksi dan Komisaris melakukan pembahasan anggaran gabungan.
  • Bagian Anggaran menyiapkan bahan-bahan untuk RUPS Anggaran termasuk draft surat persetujuan dan tanggapan dari Dewan Komisaris.
  • RUPS Anggaran yang persetujuannya disahkan melalui surat risalah RUPS yang ditandatangani pemegang saham, dewan komisaris dan direksi.
  • Bagian anggaran mencetak buku anggaran cabang-cabang perusahaan maupun gabungan, melakukan penggandaan dan pendistribusan buku anggaran disertai surat pengantar Direktur Keuangan.

Flowchart

Dalam flowchart SOP Finalisasi Anggaran dibagi menjadi dua bagian pokok, yaitu Bagian Akuntansi – Anggaran dan Direksi.
Proses yang terjadi pada Bagian Akuntansi – Anggaran, dimulai sejak proses pasca workshoppenyusunan anggaran hingga pendistribusian buku anggaran dan pengarsipan.
Sedangkan pada bagian Direksi dimulai dengan rencana anggaran gabungan yang telah disusun dan diperiksa oleh bagian anggaran dan bagian akuntansi hingga risalah RUPS yang telah ditandatangani oleh pemegang saham, komisaris dan direksi.
Bentuk flowchart lengkapnya seperti berikut ini :
SOP Finalisasi Anggaran-flowchart
Flow Chart SOP Finalisasi Anggaran 

Bagian Pengesahan

Dalam format SOP Finalisasi Anggaran, bagian pengesahan diletakkan di halaman pertama.
Sebagaimana contoh SOP sebelumnya, bagian pengesahan contoh SOP Finalisasi Anggaran juga mencantumkan penyusun, pemeriksa dan yang menyetujui SOP.
Lengkap beserta nama, jabatan dan tanda tangan.
Perhatikan penampakan bentuk nyatanya di SOP adalah sebagai berikut:
Contoh SOP Finalisasi Anggaran - Pengesahan
Format Bagian Pengesahan SOP Finalisasi Anggaran
Bila  semua elemen penyusun SOP Finalisasi Anggaran kita jadikan satu, dari header, isi dan pengesahan maka format lengkapnya adalah sebagai berikut :
Contoh SOP Finalisasi Anggaran - Halaman 01
Halaman.01 – Contoh SOP Finalisasi Anggaran
Dan ini halaman 2 dari SOP Finalisasi Anggaran:
Contoh SOP Finalisasi Anggaran - Halaman 02
Halaman.02 – Contoh SOP Finalisasi Anggaran
Sedangkan berikut ini adalah halaman 3 dari SOP Finalisasi Anggaran:
Contoh SOP Finalisasi Anggaran - Halaman 03
Halaman 03 – Contoh SOP Finalisasi Anggaran
Contoh SOP lainnya, silahkan baca di artikel-artikel berikut ini:
  1. Contoh SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran
  2. Contoh SOP File Master Anggaran 

02. Kesimpulan

Peran anggaran sangat krusial bagi sebuah perusahaan. Kinerja perusahaan untuk beberapa waktu ke depan ditentukan anggaran yang dibuat saat ini.
Agar anggaran yang dibuat itu benar-benar berkualitas tinggi, maka perlu dibuat standar operasional prosedur (SOP).
Dan dalam artikel ini, diberikan cara membuat SOP langkah demi langkah. Dan tak ketinggalan diberikan contoh-contoh SOP nya.
Demikian pembahasan mengenai contoh SOP Finalisasi Anggaran ; header, isi, flowchart dan pengesahan.
Bagaimana menurut Anda? Ada masukan?
Terima kasih

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.