Account Assistant Account Officer Account Payable Account Receivable Accounting Accounting Case Study Accounting Certification Accounting Contest Accounting For Manager Accounting Manager Accounting Software Acquisition Admin Administrasi administrative assistant Administrator Advance accounting Aktiva Tetap Akuisisi Akun Akuntan Privat Akuntan Publik AKUNTAN. Akuntansi Akuntansi Biaya Akuntansi Dasar Akuntansi Management Akuntansi Manajemen Dan Biaya Akuntansi Pajak Akuntansi Perusahaan Dagang Akuntansi Perusahaan Jasa Akuntansi Syariah Akuntansi Translasi Akunting Analisis Transaksi Announcement Aplikasi Akuntansi archiving ARTICLES ARTIKEL Asumsi dasar Akuntansi Asuransi Aturan Pencatatan Akuntansi Audit Audit Kinerja Auditing Balance sheet Bank Basic Accounting Bea Cukai Bea Masuk Bidang Akuntansi Bukti Transaksi Buku Besar Calculator Capital Cara Pencatatan Akuntansi Career Cash Cash Flow Cat Certification Checker Checker Gudang COGS Collection Contest Corporate Social Responsibility (CSR) Cost Cost Analysis CPA CPA EXAM Credit Credit Policy Current Asset Custom Custom Clearence Dasar Akuntansi Data Debit Kredit Discount Diskon Distributor Dyeing Ekspor Engineering Etika Profesi & Tata Kelola Korporat Example Expense Export - Import FASB Finance FINANCIAL Financial Advisor Financial Control Finansial Foreign Exchange Rate Form FRAUD Free Download Freebies Fungsi Akuntansi GAAP GAJI Garansi Gift Goodwill Gudang Harga Pokok Penjualan Hotel HPP HRD IFRS Impor Import Import Duty Informasi Akuntansi International Accounting Investasi IT Jasa Jasa Konstruksi Job Vacant JUDUL SKRIPSI AKUNTANSI TERBARU Jurnal Khusus Jurnal Pembalik Jurnal Pembalik Dagang Jurnal Penutup Jurnal Penutup Dagang Jurnal Penyesuaian Jurnal Umum Kas Kas Bank Kas Kecil Kasus Akuntansi Kasus Legal Kasus Pajak Kepala Rekrutment Kertas Kerja Keuangan Knitting Komentar Komputer Konsolidasi Konstruksi Konsultan Laba-Rugi Laboratorium Lain-lain lainnya LANDING COST Laporan akuntansi Laporan Arus Kas Laporan Keuangan Laporan Keuangan Dagang Laporan Keuangan Jasa Laporan Laba Rugi Laporan Perubahan Modal laporan Rugi Laba Layanan Konsumen Lean Accounting Lean Concept Lean Manufacturing Legal Logistik Lowongan Kerja Accounting MA Accounting Macam Transaksi Dagang Management Management Accounting Manager Manajemen Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan Manajemen Stratejik Manajer Manajer Administrasi Manfaat Akuntansi Manufaktur Marketing Matching Color Mekanisme Debit Mekanisme Kredit Mencatat Transaksi Merger metode fifo dan lifo Mid Level Miscellaneous Modal Neraca Neraca Lajur Neraca Saldo Neraca Saldo Setelah Penutupan Nerasa Saldo Office Operator Operator Produksi Paint PAJAK pajak pusat.pajak daerah(provinsi dan kabupaten) payroll Pelaporan Korporate Pemasaran Pembelian Pemberitahuan Pemindahbukuan Jurnal Pencatatan Perusahaan Dagang Pendapatan Pengakuan Pendapatan Pengarsipan Pengendalian Pengendalian Keuangan Pengertian Akuntansi PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN pengertian pajak PENGERTIAN PSAK PENGGELAPAN Pengguna Akuntansi Pengkodean Akun Penjualan Perbankan Perlakuan akuntansi Perpajakan Persamaan Dasar Akun Petty Cash Piutang Posting Buku Besar PPH PASAL 21 PPh Pasal 22 PPh Pasal 26 PPn PPn Import Prefesi Akuntansi Prinsip Akuntansi PRINSIP DASAR AKUNTANSI Produksi Profesi Akuntansi Professi Akuntan Profit-Lost Proses Akuntansi Proyek PSAK PSAK TERBARU PURCHASE Purchasing QA QC Quality Assurance Quality Control Quiz Rabat Rajut rangkuman Rebate Recruitment Recruitment Head Rekrutment Retail Retur Return Revenue Review Saldo Normal Sales Sales Representative Sejarah Akuntansi SERIE ARTIKEL Sertifikasi Shareholder Shipping Agent Shipping Charge siklus akuntansi Silus Akuntansi Dagang Sistem sistem akuntansi Sistem Informasi Sistem Informasi & Pengendalian Internal Soal dan Jawaban CPA SPI Spreadsheet Accounting Spreadsheet Gratis Staff Struktur Dasar Akuntansi Supervisor system pengendalian system pengendalian gaji Tax Taxation Teknik Tekstil Template Teori-teori Akuntansi Tinta Tip n Tricks TIPS AND TRICKS Tools Top Level Transaksi Keuangan Tutup Buku Ujian CPA UPAH update situs USAP Utilities Video Tutor Warehouse Warna warranty What Is New


Mengintip 4 Kebiasaan Karyawan Hebat



Mengintip 4 Kebiasaan Hebat Karyawan

Bagaimana kebiasaan hebat yang bisa mempercepat peningkatan karir seorang karyawan?
Saya pernah mendengar, membaca dan cerita ada orang yang beri sesuatu yang gratis, mereka akan berkata, “itu Jebakan Batman”
Bila diminta untuk melakukan sedikit investasi, mereka menjawab “untungnya kecil atau nggak ada uang”
Bila diminta untuk mencoba sesuatu yang baru, mereka berkata, “tidak ada pengalaman”
Bila akan berbisnis dan diberi tahu ini model bisnis baru, mereka ngomong, “ itu mah susah guys” atau” ini MLM”
Bila diberi alternatif lain dengan  membuka warung, mereka berkilah “tidak ada kebebasan”
Sobat…..
Mumpung jantung kita masih berdenyut kencang, bagaimana kalau kita lakukan kerja-kerja nyata dengan kecepatan tercepat.
Dan dari pada mencari berbagai alasan serta asyik berfikir yang tidak ada habisnya, lebih baik lakukan SESUATU”
Apapun peran-peran yang sedang kita jalani….
Dan bila kita sebagai pegawai kantoran, coba kita mengintip kebiasaan apa saja yang dilakukan karyawan hebat :

Kebiasaan Hebat #1. Mengenali Kebiasaan Kerja Sendiri

kebiasaan hebat #1 - kenali kebiasaan kerja

Mereka mengenali kebiasaan kerja sendiri dan kemudian menyusun jadwal yang sesuai dengan kebiasaan kerjanya.
Bila kita sudah menyusun jadwal kerja tersebut dengan cara yang paling baik bagi kita, maka kita harus berpegang padanya.
Kebanyakan orang lebih suka bekerja di pagi hari dan mulai berkurang setelah makan siang. Namun ada orang yang justeru sebaliknya, yang bertambah momentumnya dan menambah kecepatannya sejalan dengan bertambahnya usia hari.
Yang penting adalah kita mengetahui saat produktivitas kita dan dapat merencanakan hari kerja sesuai dengan saat-saat itu.
Dengan mengelola  dan mengorganisasi diri kita sendiri berdasarkan cara yang sesuai dengan kebiasaan kerja kita sendiri dan dengan mencatat semuanya, kita akan bisa membebaskan otak dari berbagai pikiran yang berhubungan dengan pekerjaan saat kita sedang tidak bekerja. 

Kebiasaan Hebat #2. Komunikasi Kantor

kebiasaan hebat #2 - komunikasi yang baik
Kecepatan penyelesaian pekerjaan di kantor atau cepatnya perolehan informasi bergantung pada atau lebih banyak ditentukan oleh style daripada sistem.
Ada yang menyukai pertukaran informasi secara informal daripada dalam suasana yang lebih formal.
Untuk mendapatkan informasi, ada orang yang senang mendatangi kantor orang lain daripada mereka datang ke kantornya.
Ada yang lebih cenderung meminta informasi ringkas atau buletin tentang suatu hal daripada  sebuah laporan formal.
Apapun style yang kita sukai, yang penting bagaimana sebuah informasi bisa tersampaikan secara baik.
Pertukaran informasi yang dilakukan secara informal dan cepat cenderung mengalir ke semua karyawan sebagai suatu style komunikasi.
Biasanya gaya atau style atasan akan ditiru oleh anak buahnya. Bila seorang atasan pandai menukar informasi dengan cepat, sebagian besar orang-orang dalam timnya juga akan pandai dalam hal itu.
Sebaliknya bila seorang atasan lamban dan cenderung mengulang hal-hal yang telah jelas atau menghabiskan lebih banyak waktu dari yang seharusnya untuk mengatakan sesuatu yang perlu dikemukakan, maka seluruh anggota timnya juga hampir berperilaku seperti itu.
Gaya pribadi seorang atasan dan kemampuanya bertukar informasi lebih mempengaruhi tingkat efisiensi suatu departemen dibandingkan dengan hasil kepandaian gemilang yang terstruktur dalam mengorganisasi.

Kebiasaan Hebat #3. Pertimbangan Menulis atau tidak menulis

kebiasaan hebat #3 - menulis atau tidak
Jika ada alasan untuk menulis, yakni mencatat untuk pedoman di masa depan, menegaskan suatu kesepakatan, mencatat serangkaian fakta rumit atau angka-angka, kita sebaiknya menulis.
Walaupun hanya untuk melindungi diri atau menyatakan posisi kita bila posisi tersebut akan dipersoalkan, maka hal tersebut sudah merupakan alasan yang benar untuk menulis.
Hal penting yang perlu diingat mengenai komunikasi tertulis ialah bahwa bentuk komunikasi ini menimbulkan pekerjaan lebih banyak dan karenanya membutuhkan waktu kita dan waktu orang lain untuk membacanya.
Namun bila tidak ada alasan khusus, tanyalah diri kita sendiri apakah komunikasi lisan tidak lebih baik, lebih sederhana, dan lebih efisien.
Ada seorang pimpinan perusahaan yang cenderung senang dengan bentuk komunikasi lisan. Dan ada juga yang senang dengan tulisan.
Alasan pimpinan perusahaan yang senang komunikasi lisan adalah karena segala macam kemungkinan dapat timbul dan harus dipertimbangkan. Bagaimana harus menanggapinya? Apa sebenarnya yang ingin dikatakan si pengirim?Apakah terdapat implikasi tertentu?
Hal yang sama sebenarnya berlaku sama untuk komunikasi tulisan, dengan komunikasi tulisan juga ada implikasi yang harus dipertimbangkan.
Ada sebuah kisah tentang seorang pimpinan perusahaan yang saat karyawannya sudah pulang, ia menghampiri  meja mereka dan membuang semua kertas yang ditemuinya di atas meja.
Keesokan harinya ia berkata kepada karyawan yang merasa kehilangan, dan berkata “ Bila anda tidak menyelesaikannya sebelum meninggalkan kantor, itu berarti tidak cukup bernilai untuk dikerjakan.”
Dan dengan cara seperti itulah, ia memastikan bahwa karyawannya menyadari penggunaan WAKTU mereka.
Bila anda sebagai karyawan ingin meningkatkan skill dalam menulis procedur, ikuti langkah-langkahnya di Cara Praktis Menyusun Standard Operating Prosedur (SOP) 

Kebiasaan Hebat #4. Rapikan Kantor Anda

kebiasaan hebat #4 - merapikan kantor
Penampilan sebuah kantor, kerapian dan kebersihannya akan sangat mempengaruhi efektivitas dan efisiensinya.
Bila kita memasuki sebuah kantor yang tampak tidak terorganisasi, kita akan merasa tidak terorganisasi. Atau bagaimana perasaan kita saat memasuki sebuah kantor yang kondisinya kacau dan kotor? Tidak nyaman kan?
Kalau kita merasakan seperti itu, apakah kita akan mengikutinya? Tidak kan?
Maka sebelum pengaruh buruk terjadi pada diri kita, segerelah rapikan kantor kita, tidak usah ditunda-tunda.
Penataan kantor sebaiknya dilakukan dengan tepat. Bagaimana menempatkan bagian produksi,accounting, keuangan, dan kearsipan secara efisien?
Letakkan sesuatu pada tempatnya. Bila kita masih sering melihat pegawai yang makan siang di meja kerjanya, cobalah untuk memberikan pengertian dengan baik.
Sehingga ia akan dengan senang hati makan siang ditempat yang disediakan, bukan di meja kerja.
Ingatlah bahwa efisiensi kantor sebanding dengan PENAMPILANNYA yang efisien.
Apakah anda pernah menemui sebuah kantor perusahaan hebat yang kondisinya kotor dan semrawut?
Bila ada suatu kebaikan yang sudah terbukti hasilnya, maka daripada kita mencari-cari alasan, lebih baik tiru dan lakukan kebiasaan hebat itu, lalu kita lihat hasilnya…
Demikian 4 kebiasaan hebat seorang karyawan yang terbukti dapat meningkatkan karir, bagaimana dengan Anda?

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.