Responsibility centers ialah suatu unit organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap aneka macam kegiatannya. Umumnya, suatu perusahaan merupakan kumpulan dari responsibility centers, yang masing-masingnya diwakili oleh suatu kotak tabel organisasi. Responsibility centers ini membentuk suatu hirarki. Pada level terendah ialah sentra section/bagian, work shift, dan unit organisasi kecil lainnya.
Suatu responsibility centers hadir untuk menyelesaikan satu atau beberapa sasaran, diistilahkan dengan tujuan. Perusahaan secara keseluruhan mempunyai tujuan, dan senior manajemen memutuskan pada serangkaian taktik untuk menyelesaikan tujuan itu. Tujuan dari aneka macam responsibility centers di perusahaan ialah untuk membantu mengimplementasikan taktik itu. Karena setiap organisasi ialah merupakan jumlah dari responsibility centers nya, kalau tiap responsibility centers sukses dengan tujuannya, maka tujuan organisasi akan diraih.
Responsibility centers menerima input, dalam bentuk material, pekerja, dan layanan. Dengan menggunakan working capital (missal: inventaris, uang yang dapat diterima), peralatan, dan aset lainnya, responsibility centers melaksanakan kinerja pada fungsi tertentunya, dengan tujuan utama mengantarkan input terhadap output, apakah itu tengible atau intangible. Pada proses produksi, output itu berupa barang. Pada unit staf, menyerupai sumber daya manusia, transportasi, engineering, akunting, dan administrasi, outputnya ialah pelayanan.
Produknya (misalnya, barang dan jasa) diproduksi oleh responsibility center yang mampu saja dilengkapi oleh bab lain selain responsibility center, apakah itu input, atau di luar pasar, dimana hal itu ialah output organisasi secara keseluruhan. Pendapatan ialah jumlah yang diperoleh dari penyediaan output-output itu.
Post a Comment
Post a Comment