STANDAR ETIKA BERDAMPAK TERHADAP PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN STRATEGI
Ada perbedaan besar antara memiliki isyarat etik alasannya diamanatkan dan memiliki standar watak yang benar-benar memperlihatkan bimbingan untuk taktik bisnis dan perilaku perusahaan. Kode etik perusahaan ialah sebagai kosmetik perusahaan untuk melihat sejauh mana isyarat etik tersebut dianut dalam penyusunan taktik dan operasi hari kerja sehari – hari. Misalnya, kalau administrator perusahaan sangat percaya pada standar watak perusahaan, mereka tanpa ragu akan menolak inisiatif strategis dan pendekatan operasi yang tidak mengukur. Namun, dalam perusahaan dengan pendekatan kosmetik etika, setiap korelasi strategi-etika berasal terutama dari cita-cita untuk menghindari risiko aib dan kemungkinan tindakan disipliner untuk menyetujui inisiatif strategis yang dipandang oleh masyarakat menjadi tidak etis dan mungkin ilegal. Sementara sebagian besar manajer perusahaan berhati-hati untuk memastikan bahwa taktik perusahaan ialah dalam batas-batas dari apa yang legal, namun bukti menunjukkan bahwa mereka tidak selalu berhati-hati untuk memastikan bahwa semua elemen taktik dan acara operasi berada dalam batas-batas apa yang dianggap etis.
Post a Comment
Post a Comment