Pengantar Pentingnya Biaya - Adalah Untuk dapat memahami fungsi dan pengertian akuntansi biaya dapat diawali dengan pemahaman bahwa perusahaan dalam pengelolaan dan pencapaian tujuannya memerlukan alat. Alat bantu tersebut ialah administrasi yang dapat membantu perusahaan dalam pengelolaannya dan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen ialah proses yang sistematis dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan serta pengendalian pada seluruh sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.
Di dalam Manajemen dikenal ada beberapa tingkatan, tingkatan tersebut ialah :
1. Top management dengan orang yang bertanggungjawab ialah administrator utama, para administrator dan chief executive officer
2. Midlle management dengan orang yang bertanggungjawab ialah general manager, manager dan kepala disvisi
3. Lower management dengan orang yang bertanggungjawab ialah supervisor
Dalam acara operasionalnya seluruh tingkatan administrasi memerlukan data biaya. Data biaya tersebut digunakan dalam proses pengambilan keputusan operasional perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efisien dan efektif secara ringkas proses administrasi ialah sebagai berikut :
1. Perencanaan ialah proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai dan mengatur taktik yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Proses ini dapat disusun dalam jangka pendek dan panjang serta sekaligus menjadi alat dalam pengendalian.
2. Pengorganisasian ialah proses mengalokasikan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan dan mengelola penggunaan sumber daya tersebut secara efisien.
3. Pengarahan ialah proses mengarahkan, memimpin dan memotivasi biar pelakasanaan rencana dan penggunaak sumber daya sempurna dan optimal
4. Pengawasan dan pengendalian ialah proses yang memastikan bahwa seluruh perencanaan dilaksanakan dengan benar dan akan dilakukan tidakan koreksi bila terjadi suatu penyimpangan.
Dalam proses pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan dibutuhkan sebuah struktur organisasi perusahaan. Struktur organisasi perusahaan akan bermanfaat pada sistem akuntansi biaya pada beberapa hal sebagai berikut :
1. Dalam penyusunan sistem biaya, pelaporan biaya dan pertanggungjawaban biaya ialah sesuai dengan wewenang dan hierarkhi organisasi
2. Dalam penyusunan sistem informasi keuangan yaitu sebagai dasar pengambilan keputusan
Pada gambar 1.1. dapat dilihat pola struktur organisasi perusahaan dengan struktur lini dimana divisi produksi terpisah alasannya ialah berafiliasi pribadi dengan penentuan harga pokok produk dan divisi keuangan menandakan data biaya sebagai dasar dalam proses transaksi dan laporan biaya.
Gambar 1.1 Struktur Organisasi Perusahaan Lini
Sekian mengenai Pentingnya Biaya, semoga ini dapat membantu.
Post a Comment
Post a Comment