Account Assistant Account Officer Account Payable Account Receivable Accounting Accounting Case Study Accounting Certification Accounting Contest Accounting For Manager Accounting Manager Accounting Software Acquisition Admin Administrasi administrative assistant Administrator Advance accounting Aktiva Tetap Akuisisi Akun Akuntan Privat Akuntan Publik AKUNTAN. Akuntansi Akuntansi Biaya Akuntansi Dasar Akuntansi Management Akuntansi Manajemen Dan Biaya Akuntansi Pajak Akuntansi Perusahaan Dagang Akuntansi Perusahaan Jasa Akuntansi Syariah Akuntansi Translasi Akunting Analisis Transaksi Announcement Aplikasi Akuntansi archiving ARTICLES ARTIKEL Asumsi dasar Akuntansi Asuransi Aturan Pencatatan Akuntansi Audit Audit Kinerja Auditing Balance sheet Bank Basic Accounting Bea Cukai Bea Masuk Bidang Akuntansi Bukti Transaksi Buku Besar Calculator Capital Cara Pencatatan Akuntansi Career Cash Cash Flow Cat Certification Checker Checker Gudang COGS Collection Contest Corporate Social Responsibility (CSR) Cost Cost Analysis CPA CPA EXAM Credit Credit Policy Current Asset Custom Custom Clearence Dasar Akuntansi Data Debit Kredit Discount Diskon Distributor Dyeing Ekspor Engineering Etika Profesi & Tata Kelola Korporat Example Expense Export - Import FASB Finance FINANCIAL Financial Advisor Financial Control Finansial Foreign Exchange Rate Form FRAUD Free Download Freebies Fungsi Akuntansi GAAP GAJI Garansi Gift Goodwill Gudang Harga Pokok Penjualan Hotel HPP HRD IFRS Impor Import Import Duty Informasi Akuntansi International Accounting Investasi IT Jasa Jasa Konstruksi Job Vacant JUDUL SKRIPSI AKUNTANSI TERBARU Jurnal Khusus Jurnal Pembalik Jurnal Pembalik Dagang Jurnal Penutup Jurnal Penutup Dagang Jurnal Penyesuaian Jurnal Umum Kas Kas Bank Kas Kecil Kasus Akuntansi Kasus Legal Kasus Pajak Kepala Rekrutment Kertas Kerja Keuangan Knitting Komentar Komputer Konsolidasi Konstruksi Konsultan Laba-Rugi Laboratorium Lain-lain lainnya LANDING COST Laporan akuntansi Laporan Arus Kas Laporan Keuangan Laporan Keuangan Dagang Laporan Keuangan Jasa Laporan Laba Rugi Laporan Perubahan Modal laporan Rugi Laba Layanan Konsumen Lean Accounting Lean Concept Lean Manufacturing Legal Logistik Lowongan Kerja Accounting MA Accounting Macam Transaksi Dagang Management Management Accounting Manager Manajemen Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan Manajemen Stratejik Manajer Manajer Administrasi Manfaat Akuntansi Manufaktur Marketing Matching Color Mekanisme Debit Mekanisme Kredit Mencatat Transaksi Merger metode fifo dan lifo Mid Level Miscellaneous Modal Neraca Neraca Lajur Neraca Saldo Neraca Saldo Setelah Penutupan Nerasa Saldo Office Operator Operator Produksi Paint PAJAK pajak pusat.pajak daerah(provinsi dan kabupaten) payroll Pelaporan Korporate Pemasaran Pembelian Pemberitahuan Pemindahbukuan Jurnal Pencatatan Perusahaan Dagang Pendapatan Pengakuan Pendapatan Pengarsipan Pengendalian Pengendalian Keuangan Pengertian Akuntansi PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN pengertian pajak PENGERTIAN PSAK PENGGELAPAN Pengguna Akuntansi Pengkodean Akun Penjualan Perbankan Perlakuan akuntansi Perpajakan Persamaan Dasar Akun Petty Cash Piutang Posting Buku Besar PPH PASAL 21 PPh Pasal 22 PPh Pasal 26 PPn PPn Import Prefesi Akuntansi Prinsip Akuntansi PRINSIP DASAR AKUNTANSI Produksi Profesi Akuntansi Professi Akuntan Profit-Lost Proses Akuntansi Proyek PSAK PSAK TERBARU PURCHASE Purchasing QA QC Quality Assurance Quality Control Quiz Rabat Rajut rangkuman Rebate Recruitment Recruitment Head Rekrutment Retail Retur Return Revenue Review Saldo Normal Sales Sales Representative Sejarah Akuntansi SERIE ARTIKEL Sertifikasi Shareholder Shipping Agent Shipping Charge siklus akuntansi Silus Akuntansi Dagang Sistem sistem akuntansi Sistem Informasi Sistem Informasi & Pengendalian Internal Soal dan Jawaban CPA SPI Spreadsheet Accounting Spreadsheet Gratis Staff Struktur Dasar Akuntansi Supervisor system pengendalian system pengendalian gaji Tax Taxation Teknik Tekstil Template Teori-teori Akuntansi Tinta Tip n Tricks TIPS AND TRICKS Tools Top Level Transaksi Keuangan Tutup Buku Ujian CPA UPAH update situs USAP Utilities Video Tutor Warehouse Warna warranty What Is New

Contoh SOP Manajemen Distribusi dan Step by Step Cara Membuatnya

Contoh SOP Manajemen Ditribusi
Sistem dan prosedur distribusi barang yang akurat, tepat waktu serta didukung manajemen pemasaran yang ekselen akan berdampak meningkatkan penjualan perusahaan. cetar membahana!
Apapun momen-nya selalu siap sedia, lebaran, natal, tahun baru, musim pemilukada, musim pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.
dan siapapun presidennya, pun siap! ðŸ™‚
Agar kesiapan itu benar-benar serius dipersiapkan dan dijalankan, maka perusahaan perlu menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) yang akan menjadi pedoman dalam menjalankan aktivitas.
Dan saat ini, kami menyajikan contoh dan langkah-langkah membuat SOP Manajemen Distribusi Produk Retail dan Partai Besar pada sebuah perusahaan distribusi.
Mudah-mudahan bisa dijadikan referensi dan bermanfaat. Aamiin.
Pada contoh kali ini, perusahaan diasumsikan memiliki beberapa kantor cabang di berbagai kota.
Kantor-kantor cabang inilah sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan pelanggan.
Bila produk jualan anda adalah minyak goreng, air mineral dan minuman ringan artikel ini  pas banget untuk Anda: Sistem Akuntansi Pembelian Kredit Perusahaan Distribusi Air Mineral.

01. SOP Manajemen Distribusi Produk Retail

Format yang digunakan untuk membuat SOP Manajemen Distribusi Produk Retail masih seperti format-format sebelumnya yaitu terdiri dari : header, isi, dan pengesahan.
Rincian detilnya adalah sebagai berikut :

Tujuan

Mengatur pemenuhan kelengkapan dokumen pendukung administrasi produk yang dilaksanakan di semua kantor cabang perusahaan.

Ruang Lingkup

Prosedur ini dimulai dari permintaan produk dari kantor cabang sampai dengan pengiriman produk ke gudang kantor cabang perusahaan.

Definisi

Cabang adalah kantor cabang perusahaan

Referensi

ISO 9001
Alur prosedur SOP Manajemen Distribusi Produk Retail digambarkan dalam diagram alur berikut ini :
SOP-Manajemen-Distribusi-Produk-Retail-diagram-alur
Keterangan :
Alur #1.
Tanggung Jawab :
Kantor Cabang
Deskripsi :
Cabang membuat Surat Pesanan ke Kantor Pusat
Dokumen Terkait :
Surat Pesanan Kantor Cabang
Alur #2.
Tanggung Jawab :
Kantor Pusat
Deskripsi :
Berdasarkan Surat Pesanan Kantor Cabang, Kantor Pusat menerbitkan Surat Pesanan Produk ke Prinsipal/Pabrik.
Dokumen Terkait :
Surat Pesanan Kantor Pusat
Alur #3.
Tanggung Jawab :
Prinsipal/Pabrik
Deskripsi :
Atas Pesanan Kantor Pusat Prinsipal menerbitkan Surat Perintah Setor
Dokumen Terkait :
Surat Perintah Setor
Alur #4.
Tanggung Jawab :
Kantor Pusat
Deskripsi :
Berdasarkan Surat Perintah Setor dari Prinsipal, Kantor Pusat melakukan pembayaran.
Dokumen Terkait :
Bukti Transfer
Alur #5.
Tanggung Jawab :
Prinsipal
Deskripsi :
Prinsipal memeriksa Bukti Transfer dan menerbitkan Surat Delivery Order
Dokumen Terkait :
Surat Delivery Order
Alur #6.
Tanggung Jawab :
Kantor Pusat
Deskripsi :
Kantor Pusat menerima Copy Delivery Order dari Prinsipal
Dokumen Terkait :
Copy Delivery Order
manajemen-distribusi-Pengambilan-Delivery-Order-(DO)
Alur #7.
Tanggung Jawab :
Kantor Cabang
Deskripsi :
Cabang mengambil produk atas Delivery Order yang diberikan Kantor Pusat sesuai dengan surat pesanan kantor Cabang.
Dokumen Terkait :
Tidak ada

02. SOP Manajemen Distribusi Produk Partai Besar

Format SOP yang digunakan untuk membuat SOP Manajemen Distribusi Produk Partai Besar sama dengan format SOP Manajemen Distribusi Produk Retail.
Format yang digunakan terdiri dari bagian Tujuan, Ruang Lingkup,  Definisi dan Referensi, sedangkan untuk header, hanya beda pada judul dan nomor dokumen.
Untuk alur prosedurnya lebih panjang, dan bila digambarkan dalam sebuah diagram alur adalah sebagai berikut :
SOP-Manajemen-Distribusi-Produk-Partai-Besar-diagram-alur-01
SOP-Manajemen-Distribusi-Produk-Partai-Besar-diagram-alur

Keterangan Diagram Alur :
Alur #1.
Tanggung Jawab :
Prinsipal
Deskripsi :
Prinsipal menginformasikan mengenai harga produk jumlah produk yang akan dijual.
Dokumen Terkait :
Tidak ada
Manajemen-Distribusi-Pusat-Distribusi-Produk-Prinsipal
Alur #2.
Tanggung Jawab :
Kantor Pusat
Deskripsi :
Kantor Pusat menginformasikan ke cabang perihal informasi harga produk dan jumlah produk.
Dokumen Terkait :
Tidak ada
Alur #3.
Tanggung Jawab :
Kantor Cabang
Deskripsi :
Berdasarkan informasi alur #2 tersebut kantor cabang membuat penawaran harga kepada pembeli.
Dokumen Terkait :
Surat penawaran harga.
Alur #46
Tanggung Jawab :
Pembeli
Deskripsi :
Pembeli menerima penawaran harga dari kantor cabang perusahaan, jika setuju atas penawaran harga tersebut, pembeli membuat surat pesanan kepada kantor cabang perusahaan. Bila tidak setuju, bisa negosiasi kembali dengan kantor cabang.
Dokumen Terkait :
Surat penawaran harga dan surat pesanan.
Alur #7-8
Tanggung Jawab :
Kantor Cabang
Deskripsi :
Setelah pembeli setujudan kantor cabang menerima surat pesanan dari pembeli, kantor cabang membuat surat pesanan ke kantor pusat dan surat perintah setor kepada pembeli.
Dokumen Terkait :
Surat pesanan pembeli, surat pesanan cabang, surat perintah setor.
Alur #9.
Tanggung Jawab :
Pembeli
Deskripsi :
Setelah menerima surat perintah setor dari kantor cabang, pembeli melakukan pembayaran sesuai dengan surat perintah setor.
Dokumen Terkait :
Bukti transfer
Alur #10.
Tanggung Jawab :
Kantor cabang
Deskripsi :
Memeriksa bukti pembayaran dari pembeli dan mengkonfirmasi ke kantor pusat.
Dokumen Terkait :
Bukti transfer
Alur #11.
Tanggung Jawab :
Kantor pusat
Deskripsi :
Setelah menerima surat pesanan dari cabang, kantor pusat membuat surat pesanan ke prinsipal.
Dokumen Terkait :
Surat pesanan dari kantor pusat
Alur #12.
Tanggung Jawab :
Prinsipal
Deskripsi :
Berdasarkan surat pesanan dari kantor pusat, prinsipal menerbitkan surat perintah setor.
Dokumen Terkait :
Surat perintah setor
Alur #13.
Tanggung Jawab :
Kantor pusat
Deskripsi :
Atas surat perintah setor yang diterima, kantor pusat melakukan pembayaran sesuai dengan surat perintah setor dari prinsipal.
Dokumen Terkait :
Bukti transfer.
Alur #14.
Tanggung Jawab :
Prinsipal
Deskripsi :
Setelah prinsipal memeriksa bukti transfer dari kantor pusat perusahaan prinsipal menerbitkan surat delivery order (DO).
Dokumen Terkait :
Surat Delivery Order
Alur #15.
Tanggung Jawab :
Kantor pusat
Deskripsi :
Kantor pusat menerima dan memeriksa copy delivery order, apakah sudah sesuai dengan surat pesanan kantor pusat.
Dokumen Terkait :
Copy surat delivery order, surat pesanan kantor pusat.
Alur #16.
Tanggung Jawab :
Kantor cabang
Deskripsi :
Kantor cabang menerbitkan surat kuasa pengambilan Delivery Order asli pembeli dan dilampirkan copy delivery order.
Dokumen Terkait:
Surat kuasa, copy delivery order.
manajemen-distribusi-produk
Alur #17-18.
Tanggung Jawab :
Pembeli
Deskripsi :
Pembeli mengambil delivery order asli dan dilampirkan surat kuasa asli dari kantor cabang, atas delivery order tersebut pembeli mengambil produk dari prinsipal.
Dokumen Terkait :
Surat delivery order, surat kuasa kantor cabang. 

Kesimpulan

Distribusi barang adalah hal krusial yang perlu ditata dengan baik, akurat dan tepat waktu sehingga produk itu berada pada waktu yang tepat di tangan pelanggan dengan kondisi yang baik.
Agar hal itu bisa terwujud, maka perlu dibuat SOP manajemen distribusi barang yang akan memberikan prosedur sejak barang itu di gudang sampai ke gudang pelanggan.
Demikian artikel yang membahas mengenai Standard Operating Procedure Manajemen Distribusi Produk Retail dan Partai Besar.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.