Langkah stratejik yang akan dilakukan oleh pesaing
Menurut Thompson (2015), kepanduan pesaing cukup baik untuk mengantisipasi tindakan mereka yang dapat membantu perusahaan menyiapkan tindakan efektif (bahkan mungkin mengalahkan tentangan untuk kekuatan) dan memungkinkan manajer untuk mengambil tindakan tentangan yang kemungkinan memperhitungkan dalam merancang saja perusahaan mereka sendiri sesuai tindakan terbaik.
\
Menurut Michael E. Porter “Strategi bersaing ialah meliputi penentuan posisi atau positioning suatu usaha untuk memaksimalkan nilai kemampuan yang membedakannya dari pesaing”. Strategi bersaing yang efektif meliputi tindakan – tindakan yang ofensif maupun defensif guna menciptakan posisi yang aman (defendable position) terhadap kelima kekuatan persaingan. Kelima kekuatan itu ialah kekuatan yang mensugesti persaingan industri yaitu masuknya pendatang baru, bahaya produk pengganti, kekuatan tawar menawar pembeli, kekuatan tawar – menawar pemasok, serta persaingan diantara pesaing yang ada.
Tujuan dari taktik bersaing perusahaan ialah biar perusahaan dapat bersaing lebih efektif dan memperkuat posisi pasarnya dalam industri tersebut. Strategi bersaing yang efektif memiliki beberapa pendekatan, antara lain :
· Penempatan posisi
Menempatkan perusahaan dalam suatu posisi sehingga perusahaan dapat memperlihatkan pertahanan yang terbaik untuk menghadapi kekuatan persaingan yang ada.
· Mempengaruhi keseimbangan
Mempengaruhi keseimbangan kekuatan melalui gerakan strategis. Inovasi dapat meningkatkan identifikasi atau kalau tidak mendiferensiasikan produk. Keseimbangan kekuatan dipengaruhi oleh faktor – faktor eksternal dan internal.
· Memanfaatkan perubahan
Mengantisipasi pergeseran pada faktor – faktor yang menjadi penyebab kekuatan persaingan, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan perubahan dengan memilih taktik yang cocok dengan keseimbangan persaingan yang gres sebelum pesaing menyadarinya.
Post a Comment
Post a Comment