Sungguh di luar dugaan, posting saya mengenai: Pengendalian (Audit Kinerja: Accounting Support Center?) menerima antusias (baca: membuahkan responses) yang begitu tinggi dari para manager di luar accounting & keuangan. Begitu banyak saya mendapatkan e-mail dari para manager non-accountant, yang ingin tahu bagaimana caranya memahami accounting dan mengubah pemahaman tersebut menjadi dasar dan alat pengambilan keputusan-keputusan strategis mereka sehari-hari maupun untuk jangka panjang, supaya sanggup menunjukkan maximum value-added kepada pemilik (owner/stockholder).
Ketika saya berbincang-bincang dengan orang-orang disekitar saya, mereka khawatir jikalau cita-cita saya untuk menambahkan category ini, hanyalah ambisi saya untuk mengambarkan bahwa accounting & financial information BUKANLAH (excuse my French) GARBAGE (=sampah).
Jawaban saya: terperinci bukan itu alasannya. Saya akan lebih berfocus pada pembahasan, penjelasan-penjelasan dan contoh-contoh mengenai: bagaimana memahami accounting & finance information bagi para manager (manager papaun itu), how to utilize it for strategic decisions on manager’s day-to-day roles, and in long run sanggup menunjukkan nilai tambah tertinggi bagi perusahaan (read: owner/shareholder).
Benar, saya memang akan pelan-pelan revealing (=membeberkan?) kepada reader, bahwa accounting dan keuangan:
[-]. Bukan sekedar memahami angka-angkanya saja.
[-]. Bukan sekedar sanggup debit dan credit saja.
[-]. Bukan sekedar usaha menciptakan balance (read:matching) saja.
Jika orang accounting (siapapun anda) memang masih berpikir yang sekedar-sekedar tadi saja, berarti memang benar ”Accounting & Keuangan tak lebih dari rubbish, garbage, sampah”.
Kenyataan-nya, TIDAK.
Accounting dan keuangan yaitu isu terpenting dalam setiap pengambilan keputusan business. Mengapa?
Keputusan apapun yang akan diambil (oleh para manager) akan selalu menimbulkan efek terhadap keuangan, dan isu keuangan data base-nya yaitu Accounting.
Jika dengan extreme saya katakan:
Jangankan keputusan-keputusan strategis, bahkan setiap satu tarikan-hembusan nafas para buruh, staff dan manager di perusahaan (dibagian manapun itu) –pun akan besar lengan berkuasa pada keuangan perusahaan!
Apakah Anda setuju? Mungkin sebagian oke sebagian tidak.
Saya beri beberapa contoh (yang berdasarkan anda mungkin hal spele):
Seorang pegawai harian pergi ke toilet untuk pipis.
Itu sudah berdampak terhadap keuangan perusahaan. Pergi ke toilet sudah berdampak terhadap keuangan perusahaan? mengapa?
Pergi ke toliet artinya:
[-]. Kehilangan 5 menit ( cost = 5/60 x hourly rate)
[-]. Tissue paper usage (hitung sendiri cost-nya)
[-]. Handsoap usage (hitung sendiri cost-nya)
Bagaimana jikalau jumlah pekerjanya 1000 orang, mereka ke kamar mandi rata-rata 3 x sehari. Berapa cost-nya sehari? Sebulan? 1 tahun buku?. Now you know how much the cost is. Sekarang anda tahu, aktifitas/perilaku se-sepele itupun besar lengan berkuasa terhadap keuangan perusahaan.
Sekarang anda sanggup bayangkan (jika anda seorang manager) bagaimana keputusan-keputusan strategis anda sudah pasti, jelas, definitely, absolutely 101% damn sure besar lengan berkuasa terhadap keuangan perusahaan.
Okay, back to the topic…..
Sekali lagi, dengan category ini nanti, saya berharap (dan akan berusaha) sanggup menunjukkan pemahaman, techniques, strategy dan tactic mengenai bagaimana memahami accounting & isu keuangan, bagaimana mempergunakannya untuk dasar pengambilan keputusan supaya sanggup menunjukkan nilai tambah yang maksimal bagi perusahaan.
Adapun scoop pembahasan nanti akan saya kemas dengan struktur menyerupai di bawah ini :
[1]. Accounting dan Contex-nya terhadap Perusahaan
Di belahan ini, saya akan berikan pemahaman mengenai accounting, pengaruhnya terhadap, struktur business, shareholder, pengambilan keputusan, Managemenet accounting, Management Controll. Menginterpretasikan laporan keuangan, perspective-nya bagi pengambilan keputusan. Untuk sanggup memahami itu semua, saya akan mencoba mengatur pembahasan secara berurut dan systematis melalui sub-sub pokok bahasan menyerupai dibawah ini:
a). Manager. Category gres ini akan khusus berfocus mengenai bagaimana memahami akuntansi kemudian mengubah pemahaman tersebut menjadi dasar pertimbangan dan alat pengambilan keputusan strategis bagi para manager semua belahan (Marketing Manager, Production Manager, HRD Manager, dan manager-manager lainnya).
Post a Comment
Post a Comment