IDENTIFIKASI KEJADIAN (EVENT IDENTIFICATION)
COSO mendefinisikan sebuah peristiwa sebagai "insiden atau kejadian yang berasal dari sumber internal atau eksternal yang mensugesti implementasi taktik atau pencapaian tujuan. Peristiwa mungkin memiliki dampak faktual atau negatif atau keduanya. Suatu peristiwa mencerminkan ketidakpastian, mungkin atau mungkin tidak terjadi, sulit untuk mengetahui kapan hingga ia terjadi, mungkin sulit untuk menentukan dampaknya saat itu terjadi, mungkin memicu peristiwa lain dapat terjadi secara individu atau bersamaan. Manajemen harus mencoba untuk mengantisipasi semua kemungkinan peristiwa faktual atau negatif, menentukan mana yang paling dan paling mungkin terjadi, dan memahami keterkaitan antar peristiwa.
Sebagai contoh, implementasi sistem Electronic Data Interchange (EDI) yang menciptakan dokumen elektronik, mengirimkan mereka ke pelanggan dan pemasok, dan mendapatkan jawaban elektronik. Beberapa peristiwa perusahaan yang mungkin dihadapi ialah memilih teknologi yang tepat, susukan yang tidak sah, hilangnya integritas data, ketidaklengkapan sistem transaksi, dan sistem yang tidak kompetibel.
Beberapa perusahaan teknik digunakan untuk mengidentifikasi kejadian termasuk menggunakan daftar lengkap peristiwa potensial, melaksanakan analisis internal, pemantauan program terkemuka dan memicu poin, melaksanakan lokakarya dan wawancara, dengan menggunakan data mining, dan menganalisis proses bisnis.
Post a Comment
Post a Comment