A. Pengertian Accounting & Tax Serta Peranan Assistant Manager Dalam Posisi Tersebut
Di dalam dunia kerja, selalu ada posisi dan jabatan yang terperinci semoga integrasi pekerjaan bisa terealisasi dengan baik. Di semua bagian, selalu ada posisi dan hirarki menyerupai contohnya dalam bab akunting yang akan kita bahas ini. Pada kesempatan kali ini kami akan menawarkan anda sedikit klarifikasi mengenai jobdesk, kiprah dan tanggung jawab dari seorang accounting & tax assistant manager. Tapi sebelumnya sudahkah anda memahami arti dari accounting dan tax itu sendiri?
Perlu anda tahu, accounting berasal dari kata account yang merupakan perubahan dari count dan berasal dari bahasa Inggris. Kata ini mempunyai arti menghitung. Kurang lebih accounting yaitu bab yang mengurusi segala penghitungan perusahaan dari mulai produksi, keuangan, stok, dan lain lain. Kaprikornus kata accounting ini tidak hanya disematkan pada bab keuangan saja. Sedangkan kata Tax juga masih berasal dari Bahasa Inggris yang mempunyai arti pajak. Staff accounting & Tax bisa diartikan satu posisi dalam perusahaan yang bertugas menangani penghitungan keuangan perusahaan dan pajak yang menjadi tanggung jawab dari perusahaan. Sedangkan Assistant Manager ini mempunyai kiprah yang cukup signifikan yakni membantu seorang manager accounting dan tax dalam melaksanakan tugasnya.
B. Tugas Accounting & Tax Assitant Manager
Dalam kesehariannya di perusahaan, seorang accounting & tax manager mempunyai kiprah yang tidak jauh berbeda dengan seorang wakil manager, hanya saja assistant menyerupai ini tidak mempunyai kapasitas sebagai decision maker di dalam perusahaan khususnya di bab akunting. Dia hanya mempunyai kapasitas sebagai kepanjangan tangan dari seorang manajer semoga pekerjaan terealisasi dengan baik. Jika dijabarkan lebih lanjut, inilah beberapa kiprah accounting & tax assistant manager :
1. Melakukan kiprah tugas seorang accounting dan tax serta memastikan SOP perusahaan dilaksanakan dengan baik.
Sebagai seorang asiten manager akunting dan pajak, kiprah utama dari Accounting & Tax Assistant Manager yaitu mengerjakan kiprah tugas terkait akuntansi dan pajak yang dibebankan kepadanya oleh seorang manager. Seorang staff accounting & tax memang tidak mempunyai kapasitas untuk menciptakan keputusan, tapi mempunyai wewenang untuk melaksanakan pengecekan terhadap kinerja akuntansi dan pajak di perusahaan daerah ia bekerja.
2. Melakukan koordinasi dengan bawahan dan memastikan kinerja akunting di perusahaan dilaksanakan dengan baik dan memenuhi sasaran serta ekspektasi perusahaan.
Selain melaksanakan kiprah tugas yang dibebankan kepadanya, seorang accounting & tax manager juga mempunyai kiprah untuk melaksanakan koordinasi dengan staff akunting dan staff pajak yang berada di dalam perusahaannya. Dia bertugas melaksanakan pengecekan dan penilaian terhadap kinerja akunting dan memastikan SOP perusahaan terealisasi dengan baik dan tidak terkendala oleh apapun.
3. Membuat Laporan SPT Tahunan dan eksklusif dengan baik serta bisa dipertanggungjawabkan.
Selanjutnya kiprah accounting & tax assistant manager yaitu membantu manager dalam melaksanakan pembuatan Laporan SPT Tahunan dan eksklusif serta memastikan bila laporan tersebut sudah benar benar akurat, valid, dan bisa dipertanggungjawabkan.
4. Melakukan pengecekan laporan pajak bulanan dan melaporkannya kepada manager.
Karena bekerjasama dengan Tax alias pajak, seorang accounting & tax assistant manager juga bertugas untuk melaksanakan pengecekan laporan pajak bulanan yang dibentuk oleh divisi accounting dan memastikan bila data data dalam laporan pajak bulanan tersebut sudah benar/
5. Mengecek laporan keuangan dan melaksanakan validasi sebelum menyerahkannya kepada manager.
Terakhir, seorang accounting & tax assistant manager juga bertugas untuk melaksanakan investigasi laporan keuangan perusahaan dan memastikan informasinya sesuai dengan kondisi lapangan serta bisa dipertanggungjawabkan.
C. Tanggung Jawab Accounting & Tax Assistant Manager
Berdasarkan kiprah tugasnya di atas, bisa ditarik kesimpulan bila Tanggung Jawab seorang Accounting & Tax Assistant Manager yaitu ;
1. Memastikan tugasnya sebagai bab dari accounting dan tax terealisasi dengan baik
2. Memastikan SOP perusahaan dilaksanakan dengan baik
3. Memastikan keberadaan Laporan SPT Tahunan terealisasi dengan baik.
4. Memastikan Laporan Pajak bulanan perusahaan sudah di cek dan diverifikasi dengan baik.
5. Memastikan koordinasi dengan para staff akunting terealisasi dengan baik dan memastikan kondisi kerja berjalan dengan kondusif.
6. Memastikan laporan keuangan yang akan diberikan pada administrasi sudah di cek dan diverifikasi dengan baik.
1. Memiliki background pendidikan S1 Akuntansi
2. Memiliki kemampuan akuntansi yang bagus
3. Memiliki pengetahuan yang baik ihwal pajak
4. Memiliki kemampuan mengoperasikan software akuntansi.
5. Memiliki Sertifikat Brevet A & B lebih diutamakan.
6. Memiliki pengalaman kerja di bidang akuntansi dan pajak minimal 3 tahun
7. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
8. Memiliki kemampuan untuk memimpin.
9. Memiliki kemampuan untuk menuntaskan masalah.
10. Ulet dan pekerja keras, bersedia bekerja di bawah tekanan.
Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami paparkan mengenai apa saja yang berkaitan dengan jobdesk, kiprah dan tanggung jawab seorang accounting & tax assistant manager di sebuah perusahaan. Jika artikel ini bermanfaat silakan di share kepada rekan rekan anda yang membutuhkan. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan, silahkan ditambahkan di kolom komentar.
Salam.
4. Memastikan Laporan Pajak bulanan perusahaan sudah di cek dan diverifikasi dengan baik.
5. Memastikan koordinasi dengan para staff akunting terealisasi dengan baik dan memastikan kondisi kerja berjalan dengan kondusif.
6. Memastikan laporan keuangan yang akan diberikan pada administrasi sudah di cek dan diverifikasi dengan baik.
D. Kualifikasi Accounting & Tax Assistant Manager
Agar pekerjaannya terealisasi dengan maksimal biasanya perusahaan mencari seorang ajun manajer akunting dan pajak dengan kualifikasi sebagai berikut ;1. Memiliki background pendidikan S1 Akuntansi
2. Memiliki kemampuan akuntansi yang bagus
3. Memiliki pengetahuan yang baik ihwal pajak
4. Memiliki kemampuan mengoperasikan software akuntansi.
5. Memiliki Sertifikat Brevet A & B lebih diutamakan.
6. Memiliki pengalaman kerja di bidang akuntansi dan pajak minimal 3 tahun
7. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
8. Memiliki kemampuan untuk memimpin.
9. Memiliki kemampuan untuk menuntaskan masalah.
10. Ulet dan pekerja keras, bersedia bekerja di bawah tekanan.
Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami paparkan mengenai apa saja yang berkaitan dengan jobdesk, kiprah dan tanggung jawab seorang accounting & tax assistant manager di sebuah perusahaan. Jika artikel ini bermanfaat silakan di share kepada rekan rekan anda yang membutuhkan. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan, silahkan ditambahkan di kolom komentar.
Salam.
Post a Comment
Post a Comment